MAN 2 Targetkan 80 Persen Lulusan Masuk PTN

by -
MOTIVASI: Para siswa MAN 2 Bogor saat memberikan kejutan pada Hari Guru Nasional (HGN), belum lama ini. Saat ini siswa MAN 2 Bogor tengah dimotivasi agar bisa melanjutkan ke PTN.IST

METROPOLITAN – Walaupun belum lama menjabat sebagai kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bogor, namun Royani memiliki keinginan yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tingkat menengah atas itu. Secara terang terangan, Royani, menergetkan, sebanyak 80 persen lulusan MAN 2 Kota Bogor harus masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

“Kami memiliki target, untuk lulusan MAN 2 tahun 2020 ini, 80 persen bisa masuk ke PTN. Untuk itu, kami bersama para guru dan dewan pendidin di MAN 2 Kota Bogor. sedang menyusun program kerja agar target tersebut tercapai,” katanya.

Menurut Royani, para siswa itu perlu diberikan motivasi bagaimana caranya agar mereka bersemangat untuk melanjutkan kuliah ke PTN. Salah satu konsepnya, siswa-siswi MAN didorong dan disemangati untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, melalui program Go to Campus.

“Kemarin kami melakukan kegiatan Go to Campus ke beberapa PTN baik Universitas Gajah Mada (UGM). Universitas Brawijaya (Unibraw), dan Universitas Islam Negeri (UIN). Ternyata anak anak kami itu memiliki motovasi untuk melanjutkan kuliah,” tegas Royani.

Royani menambahkan, lulusan MAN harus melanjutkan ke perguruan tinggi bukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki keahlian tertentu. Makanya, program memotivasi siswa melalui kegiatan Go to Campus itu sangat membantu. Namun ia mengharapkan lulusan MAN jangan hanya terpaku dengan perkuliahan dengan jenjang keagamaanya saja.

“Buktinya setelah mereka mengetahui bagaimana perkuliahan di PTN dengan jurusan lain. Mereka juga banyak yang berminat untuk masuk ke fakultas kedokteran, fakultas teknik, fakultas ekonomi bahkan fakultas ilmu politik,” terangnya.

Sementara itu, tahun ini MAN 2 Bogor berhasil meloloskan 177 orang lulusan masuk PTH. Tahun depan 80 persen dari 348 siswa bisa melanjutkan ke PTN. (ber/ar/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *