Ombudsman Pelototi Proyek Pasar Cibadak

by -
MENINJAU: Ombudsman RI meninjau proyek Pasar dan Terminal Cibadak yang mendapat keluhan warga.

METROPOLITAN – Pembangunan Pasar dan terminal Cibadak mendapat sorotan dari Ombudsman RI.  Kemarin, perwakilan Ombudsman Jawa Barat mendatangi dua lokasi tersebut guna menindaklanjuti adanya laporan warga dna pedagang setempat.

Ombudsman RI telah mendapat aduan dari pedagang Pasar Cibadak yang keberatan dengan pembangunan pasar terminal.

Asisten Ombudsman Perwakilan Jawa Barat, Solihun Wildan mengatakan mereka mandapatkan laporan dari masyarakat terkait revitalisasi terminal Cibadak ini. Dalam laporan tersebut pembangunan ini dinilai memiliki kejanggalan sehingga mengundang protes warga.

“Yang terlapor itu UPTD Pasar Cibadak. Dan hari ini kita ingin memastikan revitalisasi ini terdapat aspek-aspek yang masuk mal administrasi atau tidak,” ujarnya kepada awak media, di lokasi eks Terminal Cibadak.

Wildan menjelaskan, yang menjadi keberatan ini diantaranya, terdapat perubahan jumlah unit kios yang akan berdiri di terminal dan pasar itu. Sebelumnya dibangun tercatat ada 101 kios, namun dalam perencanaan pembangunan jumlah kios bertambah menjadi 370 unit.

“Ini yang menjadi salah satu aspek keberatan warga Pasar Semimodern Cibadak yang melaporkan kepada kami. Mereka menolak pembangunan ini dikarenakan mengancam usahanya. Namun sebagian pedagang tradisional di pasar Cibadak juga mendukung pembangunan ini,” terangnya.

Ombudsman saat ini tengah mengumpulkan bukti lapangan berdasarkan kronologis yang nantinya akan dikaji dengan regulasi yang ada. Wildan mengatakan jika setelah pemeriksaan terbukti terjadi mal administrasi dalam revitalisasi ini, nantinya Ombudsman akan mengeluarkan rekomendasi atau saran.

“Menjadi dasar kami untuk meminta Pemda Kabupaten Sukabumi meneruskan pembangunan ini jika tidak ditemukan mal administrasi, atau meninjau kembali pembangunan ini atau menghentikannya jika ditemukan ada kesalahan administrasi,” tandasnya.

Sekedar diketahui, dalam peninjauan ini, Ombudsman juga didampingi perwakilan pelapor dan Dinas DPKUM serta UPTD Pasar Cibadak sebagai terlapor.

Sejumlah pertugas sempat memantau langsung proses pembangunan pasar terminal cibadak yang saat ini masuk proses pembongkaran bangunan lama, dan persiapan tempat penampungan sementara pedagang. (skb/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *