Panitia Pilkades Laladon Dikomplain

by -
KOMPLAIN: Kuasa hukum warga Laladon, Novilasari, Ari Rasya saat memberikan keterangan soal komplain kliennya terkait pelaksanaan pilkades di Laladon.

METROPOLITAN – CIOMAS  Merasa tidak bisa menyalurkan hak pilihnya saat perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Laladon, pada Minggu (3/11), warga Laladon, Novilasari mempertanyakan haknya ke panitia Pilkades Laladon, Kecamatan Ciomas.

“Kami dari kuasa hukum diberikan kuasa oleh klien saya Novilasari untuk mengurus permasalahn penyimpangan prosedur panitia dalam melaksanakan Pilkades Laladon tahun 2019. Secara nonlitigasi (mediasi),’” ujar kuasa hukum Ari Rasya.

Ia menerima laporan dari klien Novilasari tentang hak-haknya sebagai pemilih tidak bisa didapatkan saat Pilkades Laladon 2019. Selama ini, panitia tidak memenuhi hak warga sebagai pemilih. Contohnya surat suara diberikan pada saksi bukan pada panitia, tidak ada ruang tunggu dan hingga lama mengantre.

“Kita sampaikan komplain dari klien saya kepada panitia Pilkades Laladon, apa komplain benar terjadi di pilkades lalu,” katanya.

Ia menegaskan, saat ini tidak mempermasalahkan siapa yang menang di Pilkades Laladon. Namun, lebih menuntut hak sebagai pemilih yang tidak didapatkan selam pemungutan suara. Tentunya apa yang menjadi komplain kliennya sama juga dirasakan oleh 3.700 hak pilih lainnya yang tidak mengunakan hak pilihnya di Pilkades Laladon.

“Apa yang menjadi keluhan klien saya, oleh panitia Pilkades Laladon bakal di jawab pada Rabu (13/11). Kami berharap ke depan, tidak terulang lagi hak yang sama saat mengelar pemungutan suara di pilkades,” ungkapnya.

Menanggapi persoalan tersebut, Panitia Pilkades Desa Laladon, Mulyana mengatakan, dari kuasa hukum Novilasari sudah menyampaikan keluhannya. Salah satunya, keluhan saat pencoblosan berdesakan dan harus menunggu antrean yang lama hingga akhirnya mereka pulang ke rumah.

“Kita menerima aduan tersebut, nantinya dikonsultasikan dengan panitia pilkades tingkat kecamatan. Rencananya, panitia bakal menjawab aduan tersebut pada Rabu (13/11) secara tertulis,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *