Pemerintah DIY Buka 718 Formasi CPNS

by -
Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2018 di Aula Gedung Universitas Abulyatama Desa Lampoh Keude, Aceh Besar, Aceh.

METROPOLITAN – Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat jatah 718 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2019. Dari 718 formasi CPNS ini tak ada formasi guru dan lebih banyak dibutuhkan formasi untuk tenaga teknis.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY, Agus Supriyanto, menyebut dari hasil validasi terakhir yang disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) ada 718 formasi CPNS.

“Awalnya kami mengajukan 1700 formasi CPNS. Hanya saja setelah dievaluasi oleh pihak Menpan RB hanya diminta kurang lebih 900 formasi saja. Validasi terakhir dari 900 itu dikurangi lagi menjadi 718 formasi CPNS,” ujar Agus, Rabu, 30 Oktober 2019.

Baca Juga  Banyak yang Tak Lolos SKD CPNS

“DIY mendapat jatah 718 formasi. Hanya yang paling banyak itu tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan itu bukan guru. Sarjana apapun yang dibutuhkan untuk pengisian TU, atau, administrasi yang ada di sekolahan. Kalau guru fungsional,” jelas Agus.

Agus merinci dari 718 formasi CPNS, pihaknya mengajukan lebih banyak tenaga teknis. Dia mengatakan karena tenaga teknis maka banyak kualifikasi lulusan D3 yang dibutuhkan.

“Untuk kualifikasi D3 yang dibutuhkan, total mencapai 348. Jumlah tersebut hampir sama dengan formasi untuk S1 yaitu 366 dan D4 hanya 4 orang,” tutur Agus.

Sedangkan menurut Kasubdit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai BKD DIY Wahyu Widayat menyampaikan bahwa Pemerintah DIY untuk CPNS tahun 2019 memang melakukan moratorium penerimaan guru. Moratorium ini mengacu dari formasi CPNS tahun 2018.

Baca Juga  Seleksi CPNS Masuki Tahap Akhir

“Kemarin (penerimaan CPNS tahun lalu) dari 766 formasi, untuk formasi guru ada 500 sendiri. Jumlahnya paling banyak tahun kemarin,” ujar Wahyu.

Wahyu mengungkapkan saat ini BKD masih melakukan penataan ulang terhadap guru-guru. Hal ini karena selain menerima CPNS guru tahun 2018, Pemerintah DIY juga menerima guru non PNS kontrak.

“Nantinya jika jumlah guru dirasa masih kurang CPNS periode berikutnya formasi guru akan ditambah,” tutur Wahyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.