Potongan Kikil Dicampur Bumbu Rempah Jadi Legenda

by -

METROPOLITAN – Anda yang tinggal di luar Kota Bogor, mungkin masih merasa asing ketika mendengar kuliner Cungkring Pak Jumat. Cungkring sendiri merupakan kuliner khas Bogor yang terbuat dari olahan kikil sapi nan lezat. Termasuk kuliner legendaris di Bogor, Cungkring Pak Jumat ini telah populer sejak tahun 1975 silam lho. Untuk mencicipinya

Masih eksis hinggat saat ini, Cungkring Pak Jumat tersebut biasanya dijajakan di Jalan Suryakencana, Bogor, Jawa Barat. Dahulu, Cungkring Pak Jumat ini dijajakan dengan cara berkeliling memanggul dagangannya. Namun sejak tahun 2004, ternyata usaha kuliner legendaris yang dibuat Pak Jumat ini sudah diteruskan putranya yakni Deden.

Cungkring sendiri terbuat dari potongan kikil kaki sapi yang direbus sampai teksturnya menjadi empuk. Setelah empuk, kikil kaki sapi tadi diolah dengan bumbu rempah yang lezat. Nah, umumnya cungkring ini paling nikmat jika disantap dengan lontong yang dibuat sendiri oleh Deden. Kemudian setelah itu, cungkring tadi disiram bumbu kacang kental yang memiliki cita rasa asin bercampur gurih nikmat. Jika kurang pedas, Anda bisa menambahkan sajian cungkring tadi dengan sambal yang sudah disediakan oleh Deden, putra Pak Jumat. Terakhir, sebelum disajikan kepada pembeli, Cungkring Pak Jumat tadi ditaburi dengan keripik tempe super renyah buatan Deden. Biasanya, warga sekitar Bogor dan wisatawan kerap menjadikan Cungkring Pak Jumat ini sebagai menu sarapan di pagi hari.

Jika tertarik untuk mencicipi sajian kuliner legendaris ini, bisa langsung menuju Cungkring Pak Jumat yang beralamat di Jalan Suryakencana Nomor 285, Kota Bogor. Kedainya bukan setiap hari mulai pukul 07:00 WIB sampai pukul 16:00. (ayb/els)

Baca Juga  Cara Membuat Sambal Terasi, Dijamin Enak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *