Tantangan Berat Untuk Para Guru Jalankan Arahan Nadiem Makarim

by -

METROPOLITAN – Salah satu arahan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional 2019 mengenai guru bebas dari urusan administrasi. Menurut pemerhati pendidikan Indra Charismiadji hal ini merupakan tantangan berat bagi guru.

“Tantangan terberat bagi guru dalam menjalankan arahan Mendikbud, karena mereka menghadapi atasan mereka yang sayangnya bukan Mas Menteri melainkan kepala daerah,” kata Indra seperti dikutip Antara.

Para guru sulit menolak jika kepala dinas pendidikan atau kepala daerah meminta mengisi dokumen.

Untuk mewujudkan agar guru bisa fokus mengajar murid perlu rencana strategis lintas kementerian, lembaga, daerah sampai pihak swasta seperti disampaikan Indra.

Sebelumnya, Nadiem dalam salinan pidato Hari Guru Nasional yang jatuh setiap 25 November menyatakan bahwa guru merupakan profesi termulai sekaligus tersulit. Guru ditugasi membentuk masa depan bangsa tapi waktu guru lebih banyak habis untuk mengerjakan hal-hal administratif tanpa manfaat jelas.

Baca Juga  Bocah 16 Tahun Jadi Eksekutor Begal di Bogor, Tak Segan Bacok Korban

Sejumlah persolan mengenai guru juga masih ada. Salah satunya kekurangan guru. Padahal bila menilik data Kemendikbud dan Bank Dunia, Indonesia justru kelebihan guru. Rasio guru di Indonesia lebih baik dari Amerika Serikat, Inggris, Australia.

Lalu, Indra juga menyorot mengenai gaji guru masih banyak yang di bawah upah minimun. Namun, ada juga guru yang penghasilan belasan hingga puluhan juta.

“Harusnya ada penyelarasan data dengan tingkat urgensi tinggi,” kata Indra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *