Tersangkut Penistaan Agama, Atta Halilintar Dipolisikan

by -

METROPOLITAN – Usai kontroversi panjat sosial (pansos) yang dilakukan YouTuber Atta Halilintar dengan DJ Beby Gey, kini lelaki 24 tahun itu dilaporkan seorang ustadz bernama Ruhimat atas dugaan penistaan agama.

Ditemui di gedung SPKT Polda Metro Jaya Jakarta, Firdaus Owiobo, selaku kuasa hukum Ustadz Ruhimat, menjelaskan bahwa dugaan penistaan agama yang dilakukan Atta Halilintar terdapat pada salah satu konten YouTube-nya. Di mana dalam video tersebut Atta Halilintar bersama adik-adiknya disebut melecehkan gerakan salat. “Teriak sambil dorong-dorongan. Itu tidak masuk persyaratan, kriteria atau adab dalam salat,” jelas Firdaus Owiobo.

Selain Atta Halilintar, Ustadz Ruhimat juga melaporkan akun YouTube bernama Gunawan Swallow. Menurut penuturan Firdaus Owiobo, akun tersebut mem-posting ulang video peragaan salat Atta Halilintar yang diduga melecehkan agama, tiga hari lalu. “Jadi yang mem-posting Gunawan Swallow, sementara Atta Halilintar adalah pelaku dalam video,” jelasnya.

Sementara dari Ustadz Ruhimat, selaku pelapor, sudah kewajibannya sebagai sesama umat muslim untuk menegur perbuatan Atta Halilintar. Mengingat menurut ajaran agama, gerakan salat tidak boleh dipermainkan. “Kami punya hak untuk menegur perbuatan yang berkenaan dengan pelecehan atau yang mempermainkan agama,” tutur Ustadz Ruhimat.

Dalam laporan Ustadz Ruhimat, Atta Halilintar dikenakan Pasal 156A KUHP dan Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45A UU ITE. Lewat laporan tersebut, Firdaus Owiobo mewakili kliennya berharap Atta Halilintar segera memberikan respons atas dugaan penistaan agama yang dialamatkan kepadanya. “Jawab saja, tidak usah komunikasi. Jawab saja laporan kami,” tutup Firdaus.

Setelah dipolisikan atas kasus dugaan penistaan agama, Atta Halilintar curhat di Instagram. YouTuber dengan subscribers nomor satu di Asia itu menuliskan rangkaian kalimat yang memilukan. “Memakai namaku untuk menipu, menyunting videoku untuk memburukkan namaku. Memelintir cerita dan kontenku untuk menaikkan ceritamu,” tulis Atta Halilintar di Instagram pribadinya.

Cobaan itu tampaknya cukup berat bagi sulung Gen Halilitar tersebut. Atta juga meminta kekuatan dari Tuhan untuk dapat menghadapi permasalahan yang kini tengah menghampiri kehidupannya.

“Tuhan, aku manusia biasa yang tidak sempurna. Aku tidak pernah mengaku saya orang baik dan selalu merasa jahat. Kuatkan aku berikan aku kesehatan dan kekuatan dan juga kedua orangtuaku, keluarga ku, orang-orang yang aku sayang. Dan semua orang-orang yang bergantung hidup denganku Love u God. Atta -Hamba Mu,” tutup Atta Halilintar. (okz/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *