Astagfirllah.. Jembatan Gerendong Rumpin Roboh

by -
AMBRUK: Proyek Jembatan Gerendong di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, ambruk lantaran terkikis Sungai Cisadane yang meluap.

METROPOLITAN – Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbaaarr. Pekik salah seorang warga yang ketakutan saat melihat jembatan Gerendong di Desa Kampung Sawah Kecamatan Rumpin yang sedang dibangun ambruk terbawa arus sungai Cisadane yang meluap.

Dalam berdurasi 1 menit 38 detik yang beredar, seorang warga berteriak untuk memberikan peringatan kepada warga agar tidak berada diarea proyek pembanngunan jembatan itu.

“Awas jangan dipinggir, awas jembatan rubuh,” kata salah seorang warga Rumpin yang berada di lokasi kejaidan.

Gemuruh besi membuat warga sekitar tambah panik pada saat kejadian, terlebih sudah ada susunan besi bangunan yang membentang di sungai Gerendong yang saat ini masih dalam proses pembangunan. “Jalan tutup itu, jembatan roboh,” sambung warga itu.

Sementara itu, informasi yang dihimpun Metropolitan, Jembatan Gerendong yang menghubungkan dua kecamatan antara Ciseeng dan Rumpin ambruk sekitar 22:30 WIB. Sebelumnya, debit Kali Cisadane naik usai diterjang hujan sejak pukul 18:00 WIB.

Debit air yang cukup besar ini meluap hingga hampir menaiki jembatan yang memiliki panjang 80 meter dengan lebar enam meter. Jembatan sendiri posisinya belum berdiri kokoh, hanya baru membangun bagian penghubung di bagian tengahnya.

Akibat terjangan banjir ini, sejumlah besi penyangga untuk membangun jembatan tidak kuat menahan tingginya debit air. Seketika, jembatan tersebut pun ambruk ditelan derasnya air Kali Cisadane. “Awalnya sih biasa aja pas jam 9. Tapi tidak lama kemudian air itu langsung besar dan menerjang batangan besi jembatan,” kata warga sekitar, Robi (35).

Menurutnya, warga sekitar sempat panik saat melihat air dari Kali Cisadane meluap besar. Apalagi, air sempat menggoyang-goyangkan Jembatan Gerendong yang baru dibangun dan yang lama. Beruntungnya, tidak ada korban jawa, hanya saja jembatan yang baru dibangun berikut tiangnya semua hanyut.

Menanggapi hal itu, Kasi Ekbang Kecamatan Rumpin, Mulyadi membenarkan kejadian tersebut, menurutnya ia langsung menijau ke lokasi kejadian. “Saya baru dikasih tau, hari ini saya akan cek ke lokasi kejadian,” kata Mulyadi.(mul/c/rez/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *