Babakanpasar Jadi Destinasi Wisata Baru

by -

METROPOLITAN – Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, rencananya akan dicanangkan sebagai kawasan khusus yang diyakini akan mengangkat Kota Bogor, khususnya sebagai destinasi wisata. “Dalam level kota, kita ingin menjadikan Kelurahan Babakanpasar sebagai kelu-rahan paling strategis dalam konteks wisata. Saat ini pe-merintah punya program super prioritas, saya melihat wilayah ini harus dicanang-kan jadi kawasan khusus yang nanti akan dikuatkan dengan regulasi wali kota. Ada task force, pasukan khusus dan sebagainya.

Jika tidak maka perencanaannya tidak jadi dan semua hanya parsial saja,” kata Wali Kota Bogor Bima Arya saat Musrenbang Kelurahan Babakanpasar di Vihara Maha Brahma Pan Kho Bio, Kota Bogor, Rabu (18/12) siang.Menurut Bima, selalu ada nilai strategis pada wilayah tertentu dan Babakanpasar memiliki modal dan poten-si, mulai dari akses, modal sosial yang tinggi, modal fisik, lanskap, kontur atau geografis. Semua dinas se-harusnya bisa masuk dan intervensi.“Semua bisa nyambung di sini. Ke depan, semua harus dirancang. Yang diperlukan adalah perencanaan yang terintegrasi,

Baca Juga  Rombak Pejabat Kota Bogor di Penghujung Tahun ala Bima Arya, Tandai Dua Dinas Baru hingga Bongkar Pasang Kewilayahan

sistematis dan terukur. Semua dinas harus fokus karena potensi PAD Kota Bogor akan sangat sig-nifikan dari kawasan Baba-kanpasar,” katanya.Bima Arya menerangkan, jika tugasnya sebagai wali kota Bogor telah selesai nanti, ia berharap Babakan-pasar memiliki desain fisik yang terintegrasi.Di Musrenbang ini program yang diusulkan terbagi men-jadi tiga kategori, yaitu pro-gram darurat, kebutuhan dasar masyarakat dan peng-embangan.

Khusus untuk kategori ketiga, tidak mungkin diprioritaskan jika tidak me-miliki masterplan dengan mengedepankan keterlibatan elemen warga setempat.“Semua dilakukan dengan menimbang untuk kepen-tingan dan harapan warga. Untuk tahun depan, kawasan ini harusnya sudah berubah,” tegas Bima.Lurah Babakanpasar Rena Da Frena menerangkan se-jumlah program usulan warga Babakanpasar untuk 2021. Di antaranya jembatan penghubung ke Baranangsi-ang, penanggulangan ben-cana berupa longsor, peng-elolaan sampah, saluran drainase, PJU dan sebagainya.“Selain itu di Kelurahan babakanpasar, ada program utama Kota Bogor. Di anta-ranya naturalisasi atau pena-taan Sungai Ciliwung, pele-baran Jembatan Otista dan penataan kampung tematik,” kata Rena.Sebelumnya, Bima Arya yang terlebih dahulu meres-mikan Posyandu Mawar berlokasi di RT 04/04, Kelu-rahan Babakanpasar. (*/feb/run)

Baca Juga  Asyik... Koni Dapat Hibah Speed Boat

Leave a Reply

Your email address will not be published.