Dewan Soroti Jalan Perbatasan dan Terminal Cibinong

by -
ILUSTRASI:Dewan Soroti Jalan Perbatasan dan Terminal Cibinong

METROPOLITAN – Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto angkat bicara soal Terminal Cibinong dan Jalan Raya Ciriung – Tapos, yang menjadi dua polemik yang amat diresahkan masyarakat. Menurutnya, jalan raya yang menghubungkan Ciriung Kabupaten Bogor dengan Tapos Depok, memang kondisinya sangat memprihatinkan.

Kondisi jalan rusak berat, yang mengakibatkan genangan air disaat hujan, hingga polusi saat kemarau, merupakan sedikit gambaran dari kondisi jalan di perbatasan Bumi Tegar Beriman.

Rudy menilai, sedari lama perbaikan jalan tersebut sudah beberapa kali dianggarkan. Namun entah kenapa, hingga kini peningkatan kualitas jalan raya itu tak kunjung rampung.

Pihaknya juga mengaku pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor 2020, Rudi sudah memasukan anggaran perbaikan jalan dengan nama pekerjaan pemeliharaan jalan Ciriung – Curug/ Batas Kota Depok.

“Mengenai jalan Ciriung Tapos itu kan dari dulu simpang siur, karena dananya di drop dan programnya di hilangkan. Tapi kami selaku badan anggaran, sudah menjadikan hal ini sebagai salah satu program prioritas. Karena di wilayah Depok jalannya bagus, yang masuk wilayah Kabupaten Bogor rusak parah,” kata Rudy beberapa waktu lalu

Baca Juga  Polisi Bogor Diperiksa Propam

Secara umum anggaran untuk perbaikan Jalan Raya Ciriung – Tapos, sudah bisa digunakan pada 2020 mendatang. Lantaran anggaran tersebut sudah masuk di Musrembang, di Simral dan di RKPD dan ada di KUA-PPAS tinggal di realisasikan.

Untuk Terminal Cibinong, sambung Rudy, dirinya meminta pemerintah sesegera mungkin mendorong hal ini. Pasalnya, hingga kini Kabupaten Bogor sama sekali belum memiliki terminal yang layak untuk transportasi Kabupaten Bogor.

“Kita tidak punya pasilitas terminal yang refrsantatif, terminal yang bisa melayani masyarakat Kabupaten Bogor khususnya Cibinong. Karena ini ibu kota kabupaten, masa penyangga ibu kota negara belum punya terminal yang refrsantatif dan pelayanan milik pemerintah,” paparnya.

Baca Juga  Sekretaris Disdagin Kabupaten Bogor Sumardi Jadi DPO Kejari

Menurutnya, keterlambatan Terminal Cibinong terjadi lantaran permasalahan lahan. Dirinya memprediksi pembangunan Terminal Cibinong bakal berlangsung pada 2021 mendatang. Lantaran pada 2020 Pemerintah Kabupaten Bogor bakal mengurusi permasalahan lahan dan administrasinya.

“Tapi kita belum melihat data-datanya terkait ada permasalahan lahan di Terminal Cibinong, kita akan serahkan hal ini ke camat selaku pemerintah wilayah. Kalau ada yang mengklaim siapa saja, dasarnya seperti apa, kita serahkan kepada camat untuk menyelesaikan hal ini. Intinya kalau ada permasalahan kita bantu pasilitasnya, kalau masih milik perorangan yah kita akan ganti nanti,” ujarnya.

Camat Cibinong Kabupaten Bogor, Bambang W Tawekal menilai, permasalahan terminal bukan lagi menjadi isu, melainkan prioritas yang mesti segera diselesaikan segera. Pihaknya juga mengaku sudah mengusulkan anggarkan ni kepada Pemkab Bogor, namun hingga kini tak kunjung terealisasi.

“Itu sudah bukan isu lagi, sebenarnya sudah menjadi prioritas juga dari pemerintah daerah. Kita hanya bisa menunggu bagaimana progresnya mengenai pembangunan terminal ini. Karena kan setiap tahun kita selalu mengusulkan pembangunan itu, dan belum terrealisasi, tapi kita saat ini menunggu bagaimana terminal ini menjadi terminal yang memang betul kayak untuk skala kabupaten,” tegasnya.

Baca Juga  Delapan Stasiun Siap Kembalikan Uang Calon Pemudik

Ditanya soal Jalan Raya Ciriung – Tapos, orang nomor satu di Kecamatan Cibinong ini mengaku, jalan tersebut bakal dibangun pada 2020 mendatang.

“Jalan Tapos insyallah 2020 akan di beton. Jadi kemarin tidak dilaksanakan karena pagunya kecil, sehingga untuk di drop dan itu untuk DED, dari pada tambal asal, lebih baik kita fokus untuk peningkatan betonisasi. Kita juga sudah minta kepada anggota dewan, untuk fokus kepada daerah perbatasan untuk jalan kabupaten kota nya, kalau jalan lingkungan,” pintanya. (ogi/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published.