Fasilitas Mewah di Lapas Pondokrajeg Cibinong, Kamar Tahanan Dilengkapi Shower dan TV

by -

METROPOLITAN.id – Ombudsman RI mendapat temuan mengejutkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cibinong, Pondokrajeg, Kabupaten Bogor.

Ada kamar mandi narapidana (napi) yang dilengkapi shower. Ada juga kamar tahanan yang memiliki alat-alat elektronik seperti televisi, kipas angin hingga lemari pakaian.

Hal itu diungkapkan Komisioner Ombudsman RI Adrianus Meliala usai inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Cibinong, Sabtu (28/12).

Sel mewah tersebut berada di Blok Bravo. Blok iji dihuni napi tindak pidana korupsi (tipikor). Selain itu, satu kamar tahanan hanya dihuni satu napi.

Sedangkan di Blok Alfa, tempat narapidana umum, satu sel dihuni sekitar 10 sampai 25 orang.

Menurut Adrianus, jika mengikuti aturan standar minimum dan ketentuan konvensi dunia mengenai pemasyarakatan, memang sebaiknya satu sel diisi satu orang.

Baca Juga  Napi Teroris di Lapas Cibinong Ikrar Setia NKRI

“Pada konteks di mana ada blok khusus untuk napi tipikor diberikan satu sel satu napi, dan pada yang lain itu satu sel ramai-ramai, pertimbangannya apa?” heran Adrianus seperti dilansir JPNN.

Karena lapas di Indonesia belum bisa menyediakan satu kamar tahanan per napi, tidak masalah jik ada napi tertentu yang boleh mendapat sel berbeda. Sepanjang ada pertimbangan dalam menentukannya.

“Tapi pertimbangannya jangan karena dia napi tipikor lalu diistimewakan, itu tidak boleh. Kalau memang karena faktor usia itu juga bagus. Tapi kalau begitu kami harus pastikan bahwa untuk mereka yang non-napi tipikor dan berusia tua juga bisa mendapatkan hal yang sama,” pungkasnya. (antara/dhe/fin)

Baca Juga  Amerika Keluar dari TPP Ini Kesempatan bagi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.