Gaji Fantastis Sampai Skandal Perselingkuhan

by -
IKAGI ZAENAL MUTTAQIN Ketua Umum

METROPOLITAN – Terbongkarnya penyelundupan Harley Davidson di Hangar 4 GMF Aeroasia memperlihatkan sisi kelam pengelolaan maskapai Garuda Indonesia. Skandal yang dilakukan I Gusti Ngurah Askhara Dhanasiputra alias Ari Akshara serta sejumlah direktur di bawahnya menunjukkan tak adanya empati terhadap kondisi perusahaan.

Tak hanya akan mencopot Ari Akshara dari jabatan direktur utama, tetapi juga merombak jajaran direksi dan menempatkan figur-figur baru yang profesional dan berintegritas. Hal ini penting sebab skandal tersebut telah memperburuk reputasi Garuda usai kisruh rekayasa Laporan Keuangan tahun buku 2018 enam bulan lalu. Apalagi, kondisi keuangan perusahaan juga tengah mengalami pemulihan setelah rugi 175,02 juta dolar AS atau setara Rp2,4 triliun.

Ketua Umum Ikagi Zaenal Muttaqin mengatakan, kepemimpinan Ari Aksara adalah masa yang berat bagi para awak kabin. Mereka harus bekerja ekstra keras untuk melayani penerbangan jarak-jauh pergi-pulang. Akibat jadwal terbang yang panjang itu, sejumlah anggotanya bahkan sampai dirawatinapkan di rumah sakit. Masalah ini juga sempat membuat Garuda mendapat teguran dari Kementerian Perhubungan lewat surat bernomor AU.402/0065/DKPPU/DJPU/IX/2019 yang diterbitkan awal September lalu.

Kemenhub menemukan adanya pelanggaran kelebihan jam kerja pramugari atau flight and duty time flight attendant terjadi empat kali sepanjang Agustus 2019 pada rute Denpasar-Kualanamu-London, dan sebaliknya.

“Jadwal terbang ini tidak manusiawi dan jam kerja awak kabin belum diatur dalam UU perhubungan, artinya awak kabin harus mengacu kepada UU nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yaitu depalan jam dalam satu hari. Bukan 14-18 jam per hari,” ujarnya.

Ari juga dinilai tak adil lantaran tak kunjung memenuhi tuntutan Ikagi untuk memperbarui perjanjian kerja bersama (PKB) yang telah diajukan sejak tahun lalu. Perjanjian itu, sebut Zaenal, penting dasar dalam menjalankan hubungan industrial. Salah satunya, dalam hal penetapan struktur upah serta batasan umur pensiun.

Terlebih, sejak di Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015, Garuda belum membuat struktur skala upah sampai saat ini. Upah untuk awak kabin Garuda hanya terdiri dari gaji pokok yang sesuai dengan Upah Minimum Provinsi (UMP) serta tunjangan tidak tetap.

“Tunjangan tidak tetap itu berupa tugas terbang. Besarannya tergantung jam terbang awak kabin dalam sebulan,” pungkasnya. Di sisi lain, gaji yang dinikmati sebagai petinggi perusahaan cukup besar. Dalam laporan keuangan Garuda Indonesia tahun 2018, remunerasi atau gaji untuk delapan orang direksi mencapai 2.145.575 dolar AS atau sekitar Rp30.123.030.000 per tahun.

Artinya, dalam satu tahun, rata-rata gaji direksi maskapai pelat merah itu mencapai Rp3,7 miliar. Sementara awak kabin Garuda, dengan UMP Tangerang sebesar Rp4,1 juta, hanya punya pendapatan rata-rata Rp6-8 juta per bulan atau di bawah Rp100 juta dalam setahun. Lantaran itu pula lah, Ikagi menggugat manajemen perusahaan ke Pengadilan Hubungan Industrial Jakarta Pusat.

Tak cuma menyelundupkan barang ilegal, usut punya usut Ari Askhara miliki sederet perbuatan nakal yang mengagetkan dan dibongkar karyawannya sendiri. Ari Askhara diduga kuat berselingkuh dengan pegawainya sendiri yang berinisial PNR yang merupakan seorang pramugari.

Berdasarkan postingan yang diunggah Twitter bernama @digeeembok yang diunggah ulang oleh akun Instagram tante.officially pada Kamis (5/12), sederet bukti perselingkuhan keduanya dibeberkan.

Dalam postingan Twitter @digeeembok diungkapkan Ari bahkan rela memanjakan sang selingkuhan menggunakan uang perusahaan. Tak tanggung-tanggung sang dirut bahkan nekat menggunakan uang tersebut untuk kepentingan operasi plastik sang selingkuhan.

Fakta-fakta tersebut terungkap karena sang selingkuhan memang gemar memposting operasi plastik yang dilakukannya di media sosial pribadinya. Dalam postingan akun Instagram tante.officially, terungkap pula jika sang selingkuhan memang bertindak layaknya ‘selir’ yang harus selalu dituruti keinginannya.

Bahkan beberapa hari sebelum kasus penyelundupan Harley Davidson terkuak, sang selingkuhan masih pamer perawatan tanam benang yang dilakukannya di London.

Tak cukup sampai di situ, tabiat buruk sang selir yang tak tahu malu lainnya juga terungkap, yang terparah ialah saat dirinya nekat datang ke Bali dan menantang istri sah Ari Askara yang bernama Dewi Dyana. (tir/gr/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *