Gelar Seminar Disparbud Dorong Potensi Wisata

by -
KOMPAK: Disparbud Kota Bogor menggelar Seminar Peningka-tan Kompetensi SDM Jasa Pramuwisata, kemarin.

METROPOLITAN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menggelar Seminar Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Jasa Pramuwisata di Salak Hotel The Heritage, Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Kamis (05/12/2019).

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Bogor. Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, untuk meningkatan kunjungan wisatawan ke Kota harus dibangun mental, budaya, sikap, perilaku, toleransi, kecintaan terhadap alam dan hal lainnya.

Dia mengajak semua elemen pariwisata di Kota Bogor untuk berinovasi agar kunjungan wisatawan datang ke Kota Bogor tidak hanya ramai di akhir pekan.

Tantangan dan pekerjaan rumah (PR) yang kita hadapi masih banyak. Dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah pusat serta pihak lainnya untuk menghadapi dan menyelesaikannya,” kata Dedie.

Dedie menilai, modal destinasi wisata yang saat ini dimiliki Kota Bogor masih belum dimaksimalkan. Di antaranya museum-museum dan balai penelitian.

Ia juga menyinggung rencana pada 2020 akan dibangun beberapa objek wisata. Salah satunya dengan memanfaatkan alun alun Kota Bogor yang sebentar lagi akan dibangun dan terintegrasi dengan Masjid Agung, Stasiun Bogor dan pasar.

Selain itu, ada pula pengembangan wisata Situ Gede di wilayah Kecamatan Bogor Barat.

Untuk itu kita harus mempersiapkan diri kita, potensi yang dimiliki Kota Bogor luar biasa besar,” ujar Dedie.

Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi dalam laporannya menjelaskan, melalui seminar ini diharapkan tercipta jasa pramuwisata yang berkualitas dan sesuai standar. Sehingga mampu memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor.

Tujuan lainnya yaitu mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Bogor pada tahun 2019 sebesar 8,7 juta orang dan untuk tahun 2020 target kunjungan wisatawan adalah 9,63 juta orang,” jelas Shahlan. (*/FEB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *