Khidmatnya Perayaan Natal di Lapas Cibinong, 31 Napi Dihadiahi Remisi

by -

METROPOLITAN.id – Perayaan Natal di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas) tak kalah khidmat. Seperti yang dirasakan di Lapas Kelas IIA Cibinong, Pondokrajeg, Kabupaten Bogor.

Para nara pidana (napi) Nasrani yang sedang menjalani masa pidana tak mau ketinggalan merayakan kelahiran Kristus sang Juru Selamat dunia.

Sejak malam Natal, (24/12) mereka berbondong-bondong menuju ke gereja Oikumene ‘Terang Dunia’ yang berada di dalam area Lapas Cibinong. Mereka mengikuti ibadah malam Natal bersama petugas dan tim pelayanan dari GKI Depok.

Tepat di hari Natal, Rabu (25/12), 50 orang warga binaan mengikuti ibadah dan perayaan Natal mulai pukul 09.00 WIB. Ibadah diawali dengan penyerahan Remisi Khusus Natal 2019 oleh Plt. Kalapas Cibinong, Sapto Winarno.

Baca Juga  Penjelasan MUI: Boleh Tidaknya Mengucapkan Selamat Natal?

Ibadah dipimpin Pdt. Douglas Leander dari GKI Depok dengan mengangkat tema Natal nasional yaitu ‘Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua orang’. Meski diselenggarakan secara sederhana, namun tetap terasa khidmat dan sarat makna.

Tak hanya warga binaan yang antusias mengikuti kebaktian Natal tersebut. Lapas Cibinong juga turut mengundang keluarga masing-masing warga binaan untuk ikut serta merayakan Natal bersama di Gereja dalam Lapas.

Menggunakan dresscode bernuansa merah yang menggambarkan kedamaian dan sukacita Natal, para warga binaan juga dapat merasakan kehangatan dan bersilaturahmi dengan keluarganya pada momen Natal yang berbahagia ini.

Untuk remisi, ada 31 warga binaan yang mendapat Remisi Khusus Natal. 1 orang di antaranya langsung bebas saat itu karena mendapatkan Remisi Khusus (RK) II.

Baca Juga  Dia yang Kucinta Tega Menghamili Wanita Lain (1)

Sedangkan 30 orang lainnya, mendapat RK I dengan besaran remisi bervariasi, mulai dari 15 hari hingga 1 bulan 15 hari.

Dalam momen itu, Plt Kalapas Cibinong Sapto Winarno menyampaikan pesan Menkumham. Menurutnya, Natal merupakan saat untuk memberi dan menerima berkat, maka jadilah pembawa cinta kasih, damai dan terang bagi dunia.

“Mari meningkatkan kinerja, mempercepat pelayanan dan secara tegas memberikan kepastian hukum bagi seluruh lapisan masyarakat,” kata Sapto saat menyampaikan pesan dari Menkumham, Yasonna Laoly.

Khusus warga binaan pemasyarakatan, Yasonna berpesan agar mereka tetap kuat dan jangan kehilangan harapan.

“Tidak ada yg tidak mungkin, tetap percaya, berbuat baik dan bersinarlah, karena sejatinya kita semua memiliki kesempatan utk bertransformasi dan menjadi manusia yang jauh lebih baik,” pungkasnya. (*/fin)

Baca Juga  826 PNS Bogor Resmi Dilantik, Ini Formasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.