Puluhan Warga Pamijahan Keracunan Makan

by -
POSKO: Puskesmas Pamijahan mendirikan posko kesehatan untuk melayani warga yang sakit akibat keracunan.

METROPOLITAN – PAMIJAHAN  Sekitar 40 orang warga Desa Pamijahan, Kecamatan Pamijahan, keracunan makanan. Diduga mereka keracunan usai menyantap makanan di tempat hajatan. Mereka yang menderita mual dan sakit perut lantas diberikan obat oleh tenaga medis di Puskesmas Pamijahan. Tidak ada korban jiwa atas musibah tersebut, mereka yang keracunan kembali beraktivitas.

Pjs Kepala Desa Pamijahan, Erwin membenarkan ada warga yang keracunan usai menyantap makan di pesta hajatan. Dari pihak puskesmas Pamijahan sudah memberikan penanganan bagi mereka keracunan. ”

Ada satu orang warga Nangkasari 1 yang keracunan makanan, tapi sudah ditangani pihak puskesmas,” ujarnya.

Kepala Puskesmas Pamijahan, dr Sista menerima laporan dari masyarakat yang melaporkan telah terjadi keracunan makanan di Kampung Nangkasari I, Desa Pamijahan dengan jumlah kasus kurang lebih 40 orang. Awalnya, pada Minggu (8/12), warga menghadiri hajatan. Beberapa jam kemudian warga yang makan makanan tersebut merasakan mual, muntah, sakit perut, pusing dan diare.

“Adanya beberapa orang yang berobat ke puskesmas. Mereka hanya berobat rawat jalan di puskesmas Pamijahan tetapi tidak sampai dirawat,” katanya.

Hasil penyelidikan lebih lanjut diperoleh bahwa penderita yang rawat jalan mengalami gejala mual, muntah, sakit perut dan diare. Hasil pemeriksaan di lapangan didapat jumlah yang sakit sebanyak 40 orang yang mengkonsumsi makanan tersebut. Setelah berobat kebanyakan masyarakat sudah mulai sembuh atau berkurang keluhan mual dan diarenya.

“Tindakan yang sudah dilakukan, membuka posko kesehatan sementara dan pengobatan bagi yang mengalami keluhan mual dan diare. Termasuk, pengambilan sampel makanan untuk dikirim ke dinkes,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *