Sekarang Keliling Depok Bisa Naik Bus Oren

by -
BARU: Bus Oren beroperasi keliling Kota Depok dengan tarif Rp5.000.

METROPOLITAN – Warga Depok kini dapat berkeliling kota dengan bus yang nyaman dan murah. ‘Bus Oren’ begitu warga Depok kerap menyebut nama kendaraan yang berkapasitas 15-20 penumpang ini. Oren merupakan singkatan dari Odong-odong Keren yang diperuntukan untuk kendaraan wisata lokal.

Pimpinan PT Oren Trans Depok, Tondo Wiyono yang merupakan pengelola bus oren mengatakan, kendaraan ini diluncurkan pada pertengahan 2019 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini bantuan untuk Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Depok.

“Beroperasi sejak bulan Juni 2019, sejak awal tahun embrionya sudah diproses, bus ini bantuan gubernur melalui Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jabar. Munculnya berawal untuk wisata lokal kota, prioritas 10 kota dulu baru setelah itu menyusul yang lain sambil melihat perkembangannya membawa dampak positif tidak untuk kemajuan wisata lokal bagi masyarakat,” ungkap Tondo.

Tondo menjelaskan, bus ini secara kepemilikan dimiliki oleh Organda Kota Depok dan dikelola oleh PT Oren Trans Depok. Karena saat ini sistem angkutan umum di Indonesia harus memiliki badan hukum.

Baca Juga  Mati Suri sang Bus Kota

“Sekarang sistem angkutan umum di Indonesia harus berbadan hukum tetapi kepemilikan unit tetap milik Organda, jadi dari gubernur memberi bantuan melalui CSR Bank Jabar kepada Organda. Organda itu mitra Dinas Perhubungan (Dishub) dan tidak bisa menerima langsung karena Organda bukan salah satu badan hukum, teman-teman Organda sepakat membuat badan usaha yaitu PT Oren Trans Depok,” ujar pria yang juga menjabat wakil ketua Organda Kota Depok ini.

Bus ini beroperasi setiap hari dari pagi sampai sore dan melintas di Jalanan Kota Depok, meliputi titik awal berangkat tepatnya di depan kantor PT Oren di Jalan Nangka, Jalan Raya Bogor, Jalan Juanda, Jalan Margonda, Grand Depok City yang juga akan melintas di depan Alun-alun Kota Depok, lalu kembali ke Jalan Raya Bogor melewati Terminal Jatijajar dan akan mengakhiri perjalanan ke titik awal.

Baca Juga  Tarif Angkot di 30 Trayek Ikut Naik, Ini Kata Organda Kabupaten Bogor

Sopir bus oren Hendra menambahkan, selama perjalanan penumpang akan melewati bangunan-bangunan yang ada di Depok. “Kita juga menjelaskan bangunan apa itu, karena memang tujuannya untuk wisata lokal,” ujar Hendra.

Bus ini mendapat respons positif dari warga baik tarif dan layanannya. Salah satunya Hasan yang sudah dua kali berkeliling Depok dengan Bus Oren.

“Rp5 ribu murah banget, satu setengah jam perjalanan lewat Cilodong, Alun-alun, Jatijajar, Jalan Raya Bogor balik lagi kesini. Udah dua kali naik ini anak saya senang dan termasuk murah untuk perjalanan seperti ini,” ungkap Hasan. (sua/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *