Tahun Baru, Stok Pangan Kota Bogor Diklaim Aman

by -

METROPOLITAN.id – Jelang pergantian tahun, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Bogor melakukan pemantauan harga dan stok pangan di pasar dan pusat perbelanjaan Kota Bogor.

Kepala Disperdagin Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan, berdasarkan hasil pemantauan bersama dengan Kementerian Perdagangan, Satgas Pangan Polresta Bogor Kota dan OPD terkait, harga komoditas di pasar yang ada di Kota Bogor masih relatif aman dan belum mengalami lonjakan.

Walaupun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, Ganjar mengaku kenaikan tersebut tidak terlalu signifikan.

Di Pasar Jambu Dua, harga cabe jablay per kilonya saat ini Rp48 ribu, mengalami kenaikan sebesar Rp8 ribu dalam waktu satu minggu. Sedangkan untuk Pasar Bogor Baru, kenaikan harga cabe jablay mencapai Rp13 ribu. Padahal minggu lalu, harga cabe jablay masih bertengger di harga Rp32 ribu dan minggu ini melonjak menjadi Rp45 ribu.

Baca Juga  Disambut Kekompakan Bima Arya-Kang Emil di Bogor, Menlu Elizabeth Bawa Ekonomi Kreatif Jabar ke Inggris

Selain harga cabe jablay, harga untuk bawang merah, ternyata juga mengalami kenaikan. Di pasar Jambu Dua, harga bawang merah sudah mengalami kenaikan sejak memasuki bulan Desember. Pada awal bulan, harga bawang merah per kilonya sudah menyentuh Rp32 ribu dari harga sebelumnya Rp28 ribu. Memasuki minggu ke tiga bulan Desember, harganya lagi-lagi mengalami kenaikan menjadi Rp40 ribu atau mengalami lonjakan sebanyak Rp8 ribu.

Sedangkan untuk Pasar Bogor Baru, walaupun mengalami kenaikan, tetapi harganya relatif lebih murah dari Pasar Jambu Dua, yaitu per kilonya untuk komoditi bawang merah dipatok sebesar Rp35 ribu. Kenaikan yang terjadi sebanyak Rp3 ribu dari minggu sebelumnya.

“Overall secara prinsip untuk Bogor saat ini masih aman untuk ketersediaan bahan pokok jadi yang kita lakukan baru sebatas monitoring, kalau ada hal yang urgent baru akan kota komunikasikan dengan provinsi dan kementerian terkait,” kata Ganjar.

Baca Juga  Sempat Turun, Pasien RS Lapangan Kota Bogor Nambah Lagi Jadi 28 pasien

Ganjar juga menambahkan untuk stok pangan di Kota Bogor aman sampai awal tahun nanti. Hal tersebut ia ungkapkan berdasarkan hasil pemantauan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Aman, semua tersedia sampai awal tahun,” pungkasnya. (dil/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.