Waduh, Masih Ada Lahan yang Belum Dibebaskan di Jalan Bomang

by -

METROPOLITAN.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bakal melanjutkan kembali pembangunan Jalan Bojonggede – Kemang (Bomang). Namun, rupanya masih ada lahan yang belum dibebaskan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor Soebiantoro mengatakan, secara umum, semua lahan sudah beres dibebaskan. Hanya saja, ada 3 bidang yang masih dalam proses pembebasan.

“Yang belum dibebaskan tinggal 3 lokasi atau 3 bidang,” kata lelaki yang akrab disapa Bibin, Jumat (27/12).

Menurutnya, lahan tersebut berada di Kecamatan Tajurhalang dan Bojonggede. Jika tidak menemukan titik temu, pemkab bakal mengambil langkah konsinyasi.

“Tinggal yang kecil-kecil. Mungkin ada yang konsinyasi juga, tidak semua,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin bakal meneruskan pembangunan Jalan Bomang. Namun untuk merealisasikannya, butuh anggaran hingga RP1,6 Triliun.

Jalan Bomang akan dibangun sepanjang 8,5 kilometer. Dilengkapi dengam dua fly over di Simpang Bambu Kuning dan Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede. Ada sekitar 5 jembatan yang juga dibangun di jalur tersebut.

“Kita akan meneruskan Jalur Bomang. Jadi warga bisa langsung mengakses dari Kemang ke Bojonggede maupun sebaliknya,” kata Ade Yasin saat meninjau lokasi Jalan Bomang di Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Jumat (27/12).

Di APBD 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah menganggarkan sekitar Rp45 miliar untuk pembangunan jalan tersebut.

Namun, jumlah itu masih jauh dari kata cukup. Ade Yasin mengaku bakal meminta bantuan keuanan dari pemerintah pusat.

“2020 kita bangun jalur lambat dulu untuk mengamankan aset. Kita sudah anggarkan 45 miliar, tapi masih kurang. Mudah-mudahan nanti bisa ada bantuan keuangan. Hari ini kita rapat dengan TAPD, semoga ada jalan. Butuh 1,6 triliun, yang besar itu jembatan dan flyover. Fly over mudah-mudahanan ada bantuan dari pusat. Kita juga tidak bosan minta dibantu dibangun,” ungkapnya.

Saat ditanya soal estimasi waktu pembangunan, dirinya mengaku sepanjang memimpin Bumi Tegar Beriman akan diupayakan pembangunan setiap tahunnya.

Pembangunan Jalan Bomang sebetulnya sudah dimulai sejak 2014. Namun pada 2016, proyek penghubung kawasan Cibinong, Bojonggede, Parung dan Tangerang itu sempat mangkrak. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *