Waduh! Pegawai Puskesmas Ciampea pada Bolos

by -

METROPOLITAN – Di balik inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Camat Ciam-pea, Chaerudin Felani, keem-pat puskesmas di wilayahnya memunculkan fakta menge-jutkan. Sejumlah pegawai di Puskesmas Ciampea diketa-hui banyak yang bolos. “Un-tuk di Puskesmas Ciampea itu saya lihat tadi sudah len-gkap,

namun absensi pegawai banyak yang tidak hadir,” kata Chaerudin, kemarin.Tak hanya Puskesmas Ci-ampea, Chaerudin beserta jajarannya ikut sidak ke Pus-kesmas Cihideungilir, Puske-mas Pasir dan Puskesmas Ciampeaudik. Sidak ini ber-tujuan agar pelayanan masy-arakat maksimal dan tidak ada lagi puskesmas tutup di jam kerja.

”Sidak ini untuk memastikan pelayanan terhadap masy-arakat itu maksimal dan saya tidak ingin dengar dan lihat puskesmas menutup pelaya-nan masih siang. Sebab, pus-kesmas adalah tempat bagi masyarakat yang kurang mampu untuk berobat,” ujar-nya.Dari hasil sidak ketiga tem-pat tersebut, diakui Felani, memang banyak kekurangan. Seperti di Cihideungilir kon-disi gedung masih kumuh dan harus ditata agar masyarakat nyaman saat berobat. Sedang-kan di Pasir Desa Cinangka dan Ciampeaudik itu keku-rangan dokter gigi.

“Kita akan upayakan memenuhi semua fasilitasnya,” ujarnya.Sementara itu, Kepala Pus-kesmas Pasir, Ricka Sandra Naibaho, menjelaskan, pus-kesmas biasanya melayani pasien sampai pukul 13:00 Wib. Namun kekurangan tim medis terutama dokter gigi menjadi evaluasi agar dapat diberikan tambahan oleh di-nas terkait.“Sementara kita tidak ada dokter gigi dan sudah mengaju-kan ke dinas supaya ada dok-ter gigi. Jadi,

pasien bisa ter-layani dengan baik. Saat ini ada dua dokter dengan kun-jungan setiap harinya men-capai 90 sampai 100 orang,” katanya.Ia menambahkan, tahun ini ada penerimaan CPNS, mun-gkin bisa dapat dokter gigi. Sebab, cakupan wilayah lu-mayan banyak. Ada tiga desa, yakni Cinangka, Tegalwaru dan Bojongjengkol. “Yang jelas kita sangat butuh penambahan dokter, meski lokasinya ada di dalam jum-lah warga yang berobat sela-lu banyak. Pengajuan dokter gigi pun pernah dilakukan sampai tiga kali tapi belum ada realisasinya,” tambahnya.(ads/c/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *