Warga Babakan Dilatih Pemulasaran Jenazah

by -
PELATIHAN: Warga masyarakat Babakan saat dibimtek tentang tata cara pemulasaran jenazah.

METROPOLITAN – DRAMAGA  Warga Desa Babakan, Kecamatan Dramaga mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tata cara pelatihan pemulasaran jenazah oleh KUA Kecamatan Dramaga di Masjid Miftahul Janah RT 03/07. Pjs Kepala Desa Babakan, Ari Susianto mengatakan, bimek pemulasaran jenazah digelar agar warga memiliki kemampuan memandikan dan mengkafani jenazah.

“Yang dibimtek tentang tata cara memandikan dan mengkafani jenazah ada 8 laki-laki dan 16 perempuan. Pesertanya merupakan perwakilan dari setiap RW,” ujarnya.

Dengan adanya bimtek, lanjut dia, diharapkan peserta bisa memandikan jenazah di lingkungan tempat tinggalnya secara benar secara ketentuan agama Islam. Karena mengurus jenazah selain dibutuhkan pengetahuan yang memadai sesuai tuntunan agama, juga dibutuhkan keberanian.

“Bukan hanya tahu,tetapi memang dibutuhkan keberanian. Setiap ada orang yang meninggal sering menjadi kendala ketika tidak ada yang bisa memandikan atau mengkafani jenazah,” jelasnya.

Diharapkan dengan peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui bimtek ini ke depan warga Babakan tidak kesulitan lagi jika ada yang meninggal.

“Selama ini ada warga yang bisa memandikan jenazah, tapi jumlahnya terbatas. Makanya kami berinisiatif melakukan bimtek dengan mengandeng KUA Kecamatan Dramaga,” tukasnya. (ads/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *