Waspada Tiga Penyakit di Musim Dingin

by -

METROPOLITAN – Musim hujan di bulan Desember tidak hanya membuat badan menggigil kedinginan, tetapi membawa banyak ancaman bagi kesehatan. Pasalnya, saat cuaca sedang tidak bersahabat, beragam penyakit mudah menyerang membuat sistem imun tubuh ikut menurun.

Untuk itu, penting bagi kita agar tetap waspada dan menjaga kesehatan tubuh agar penyakit tak mudah menyerang dan mengganggu aktivitas. Berikut beberapa ancaman penyakit yang harus diwaspadai.

Bagi yang memiliki gangguan pernapasan Anda harus berhati-hati. Pasalnya, cuaca dingin akan sangat mudah memicu asma sehingga saat kambuh seseorang bisa mengalami mengi. Hal ini disebabkan karena saluran napas pengidap sangat sensitif terhadap suhu dingin.

Risiko serangan jantung mengalami juga peningkatan saat musim dingin. Hal ini diyakini karena cuaca dingin meningkatkan tekanan darah sehingga membuat jantung harus bekerja lebih keras agar menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Tidak berlebihan jika seseorang mendadak sedih ketika turun hujan, sebab cuaca dingin bisa memicu seasonal affective disorder (SAD) atau gangguan mood musiman. Selain memicu depresi kalau tidak tertangani, SAD juga membawa risiko lain berupa peningkatan berat badan karena nafsu makan cenderung meningkat saat bad mood. (dtk/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *