67 Orang Tewas Akibat Bencana Jabodetabek dan Banten

by -
HANCUR: Sejumlah warga gotong-royong merapikan Rumah di Kampung Adat Urug Kabupaten Bogor.

METROPOLITANBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan data terbaru jumlah korban meninggal dunia akibat bencana yang melanda wilayah Jabodetabek dan Banten. Hingga Senin (6/1), ada sebanyak 67 orang yang tewas terdampak banjir dan longsor. Jumlah ini bertambah tujuh orang dibandingkan sehari sebelumnya.

“Lima hari pasca-bencana banjir di Jabodetabek dan sekitarnya, jumlah korban meninggal bertambah tujuh orang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo.

Di antaranya, korban meninggal akibat banjir sebanyak lima orang di Kota Tangerang. Kemudian, satu orang lainnya meninggal saat berada di pengungsian di Kabupaten Bogor. Selain itu, BNPB mencatat satu korban lainnya masih hilang.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, genangan air masih terpantau di beberapa titik, yaitu Kabupaten Bekasi (20-30 cm), Kota Bekasi (20-60 cm), Kabupaten Bogor (20-30 cm) dan Jakarta Barat (20-150) cm.

Kendati demikian, BNPB juga mencatat adanya penambahan jumlah pengungsi. “Walaupun genangan air kian surut, terjadi penambahan jumlah pengungsi sebesar 917 jiwa menjadi 36.419 jiwa dan titik pengungsian pada beberapa wilayah,” ucap dia.

Baca Juga  Yani : Duit Rp50 M Nggak Cukup

Titik pengungsian tersebar di Kabupaten Bekasi (3 titik), Kota Bekasi (75 titik), Kabupaten Bogor (27 titik), Kota Tangerang Selatan (1 titik), Jakarta Timur (1 titik), Jakarta Barat (5 titik), Jakarta Selatan (1 titik), Jakarta Utara (1 titik), Kabupaten Lebak (8 titik) dan Kota Depok (6 titik).

Sekadar diketahui, hujan yang mengguyur sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020) itu telah mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Sementara, banjir bandang terjadi di Kabupaten Lebak, Banten, pada Rabu pagi akibat meluapnya Sungai Ciberang yang berhulu di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).(kom/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *