Bappeda Sebut Proyek Situ Cibinong Tak Sesuai Harapan

by -
SETU CIBINONG : Suasana setu cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin. Temuan BPK tunggu 60b Hari kedepan.

METROPOLITAN – Mega Proyek Situ Cibinong yang menelan anggaran Rp7,225 miliar itu telah menjadi bola panas diruang lingkup Pemerintah Bumi Tegar Beriman. Proyek yang berada di samping kanan rumah dinas waki bupati Bogor dan mengampit gedung DPRD Kabupaten Bogor tersebut, banyak dipertayakan pelbagai pihak.

Selan tiang penyanggah badan corran yang miring disejumlah sudut bangunan. Fakta mengejutkan datang dari Bappeda Kabupaten Bogor yang menyebut pembangunan tak sesuai desain yang dikelurkan Bappeda.

Kepala Bappeda Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, mengatakan, soal proyek Situ Plaza Cibinong idealnya tidak sesuai desain yang dikeluarkan Bappeda.

“Kalau dari Bapeda kita usul sesuai perencanaan, kita ploiting kalau ada kekurangan yang tidak sesuai itu kewenanganya ada dipengawas, karena perencanaannya sudah lama,” kata Syarifah.

Ia mengaku, tidak tahu berapa jumlah tiang-tiang dengan kondisi yang miring. Pihaknya berharap, agar pembangunan Situ Plaza Cibinong sesuai harus sesuai desain. Tapi untuk kekuatan kontruksi dan lainya, itu ada di bagian pengawas.

“Bappeda hanya membuat desain, adapun kekurangan lainnya itu ada di pengawas. Sedangkan DKPP yang pembuat,”kata Syarifah.

Sementara itu, Kepala Dinas DKPP Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah mengaku, soal Proyek Situ Plaza Cibinong, setelah adanya temuan BPK untuk hasilnya nanti, tinggal menunggu 60 hari kedepan.

“Proyek situ plaza kan sudah masuk temuan BPK, kita tunggu saja hasilnya,”jata Djuanda, saat ditemui di Pendopo Bupati, Cibinong.

Menurutnya, terkait kejanggalan soal tiang dengan kondisi miring, kurang panjang atau pendeknnya. Nanti informasinya selanjutnya dari BPK, apakah nantinya ada kelebihan untuk bayar, apakah nantinya akan didenda.

“Kalau ada temuan BPK, sanksinya mereka harus bayar ke kas Negara dari pihak kontraktor, untuk kerugian negara nanti akan itung-itungan,”beber Djuanda.

Sekedar diketahui, megaproyek Situ Plaza Cibinong, terlihat dilapangan terdapat tiang-tiang penyangga bangunan situ denga kondis miring dan di khwatirkan ambruk.

Ketika dikonfirmasi beberapa kali pun, Pelaksana harian Proyek Situ Plaza Cibinong, Dodi Setiawan, enggan berkomentar, sehingga berita ini belum terkonfirmasi.(mul/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *