BUMDes Cibalung Mandiri Berdayakan Ekonomi Warga

by -
KONVEKSI: Salah satu unit usaha BUMdes Cibalung Mandiri yakni pembuatan boneka.

METROPOLITAN – CIJERUK Untuk memanfaatkan potensi ekonomi yang sesuai dengan kondisi lokal masyarakat desa, Pemerintah Desa Cibalung membentuk lembaga ekonomi desa berupa BUMDEs bernama Cibalung Mandiri. Tujuannya memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Desa (PAD).

“BUMDes ini bukan hanya di Desa Cibalung saja tapi desa lain pun ada karena bertujuan dibentuknya BUMDes itu untuk menambah PAD juga untuk memberdayakan ekonomi masyarakat,” kata Ketua BUMDes Cibalung Mandiri, Anwar Hamidi.

BUMDes Cibalung Mandiri bergerak di bidang usaha produksi, seperti boneka, kerajinan besek, karpet tidur serta bisnis internet desa.

“Kami sudah membuat towernya juga. Bisnis internet desa kerja sama dengan perusahaan Telkom dan akan disebar ke pelosok desa,” katanya.

Warga yang mengunakan internet, kata dia, bisa mengajukan pembayaran, mau itu perbulan atau dengan menggunakan voucher.

“Masih banyak lagi potensi desa yang akan kami kembangkan untuk kepentingan masyarakat. Kami berharap BUMDes ini dapat terus maju dan bisa menyejahterakan masyarakat,” tuturnya.

Kepala Desa Cibalung, Rusyadi berharap dengan berdirinya BUMDes ini bisa mengakomodir pelaku usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun yang paling utama adalah untuk menambah PAD Desa, sehingga dapat digunakan untuk membangun Desa Cibalung.

“Apabila BUMDes ini berjalan lancar maka para pelaku pengusaha, perajin,dan pelaku ekonomi dapat menambah pendapatan. Sehingga ekonomi masyarakat dapat meningkat,” katanya.

Ia mengaku BUMDes juga akan mengadakan training atau pelatihan bagi mereka para pelaku usaha, baik UMKM atau pun UKM.

“Pelatihan ini dapat meningkatkan atau lebih baik lagi dalam usahanya,”ucapnya. (nto/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *