Dishub Kabupaten Bogor Luncurkan Program BLUE

by -

METROPOLITAN – Dinas Perhubunhan (Dishub) Kabupaten Bogor terus mengembangkan Inovasi Pelayanan Publik.

Salah satunya dengan merubah pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang mulanya konvensional menjadi digital.

Sebelumnya. masyarakat mengenal buku uji dan peneng yang dipasang dalam plat kendaraan, serta tanda samping yang di semprot dengan cat di dinding bagian samping kendaraan.

Dengan inovasi baru yang mulai diberlakukan 2 Januari 2019 lalu, dirubah menjadi smart card BLUE ( bukti lulus uji elektronik, red).

Kepala Bidang Keselamatan Dishub Kabupaten Bogor, Muslim Akbar mengatakan, tujuan inovasi ini untuk meminimalisir tingkat pemalsuan hasil uji. Termasuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Khususnya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD), dan mengurangi beban Anggaran Belanja Daerah, termasuk mendapatkan kepastian data hasil uji, dan hasil uji dapat di pertanggung jawabkan,” terangnya.

“Perlu di ketahui, sistem pelayanan pengujian berkala yang berbasis BLUE ini terintegrasi dengan Dirjen Perhubungan Darat,” paparnya.

Hal ini lanjut Muslim, akan sangat mempermudah Dishub dalam mengidentifikasi kendaraan sekaligus pemiliknya.

Selain itu juga bisa jadi salah satu upaya dalam mengawasi kendaraan bermotor di jalan, terminal

“Ada pula scan barcode yang dipasang pada kaca depankendaraan sebelah kiri dalam bentuk stiker. Ini juga bagian dari sistem Blue,” ucap lelaki yang juga sebagai Ketua Umum IPKBI Dirjen PHB ini. (yos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *