Jerman Akan Evakuasi 90 Warganya dari Wuhan

by -

 METROPOLITAN – Pemerintah Jerman tengah menyiapkan  evakuasi warganya yang berada di Wuhan, China. Pesawat jenis A310-PAX

“Kurt-Schumacher“ milik Angkatan Udara Jerman dari satuan Flugbereitschaft akan berangkat dari Pangkalan Udara Koeln- Wann menuju Republik Rakyat Cina, Rabu, 29 Januari 2020, jam 12.45 waktu setempat.

Penerbangan ke Wuhan ini rencananya transit di Shanghai. Pesawat akan langsung kembali ke Jerman setelah mengevakuasi warga Jerman yang terisolasi di Wuhan. Pemerintah Jerman hanya akan mengevakuasi warganya yang sehat. Dalam perjalanan kembali ke Jerman, para penumpang akan terus dimonitor oleh tim medis yang ikut dalam penerbangan tersebut. Pesawat ini rencananya akan mendarat di bandara Frankfurt, besok, Kamis, 30 Januari 2020, sekitar pukul 18.30 waktu setempat.

Baca Juga  Wah Gol Suarez Mengingatkan pada Insting ‘Pembunuh’ Ronaldo Nazario

Seluruh penumpang dan semua kru penerbangan akan dikarantina selama 14 hari. Proses karantina ini akan ditangani oleh Tropeninstitut, sebuah institusi kesehatan Jerman yang meneliti, menangani dan menanggulangi berbagai penyakit dan epidemi.

Flugbereitschhaft adalah satuan Angkatan Udara Jerman yang bertugas khusus membawa tokoh utama pemerintah Jerman, juga mengevakuasi warga Jerman dimanapun mereka berada yang membutuhkan pertolongan. Flugbereitschaft juga melaksanakan mandat langsung dari Kementerian Pertahanan Jerman. Sementara Pesawat A310-PAX adalah pesawat angkut militer dengan komposisi tempat duduk layaknya penerbangan komersial.

Negosiasi antara Kementerian Luar Negeri Jerman dan China tampaknya cukup alot. Laman berita online terkemuka Jerman Der Spiegel menulis Pemerintah Cina sebetulnya minta agar evakuasi dilakukan dengan pesawat penerbangan sipil. Komisi Uni Eropa membantu negara negara anggotanya  terus bernegosiasi dengan Cina  agar dapat memberikan lampu hijau untuk melakukan evakuasi. Perancis akan mengevakuasi sekitar 800 warganya dari Wuhan dalam minggu ini.

Baca Juga  Pemkot Bogor Siapkan 4,5 Hektare Lahan Pemakaman untuk Pasien Corona yang Meninggal

Pasien Terinfeksi

Kurang dari 24 jam, pada 28 Januari 2020, empat warga Jerman dinyatakan terinfeksi virus Corona.  Pasien pertama adalah seorang pria warga Jerman (33) yang dinyatakan terinfeksi virus Corona. Ia tidak bepergian ke Cina.  Pekan lalu ia mengikuti program pelatihan kantornya, perusahaan otomotif Webasto yang terletak di Stockdorf dekat Muenchen.  Ia tertular virus Corona dari koleganya yang ikut dalam pelatihan yang sama.

Salah seorang peserta pelatihan tersebut  adalah teknisi wanita warga negara RRC yang khusus datang dari China untuk pelatihan tersebut.  Ia telah kembali ke China. Setelah diselidiki, wanita warga RRC ini tinggal di Shanghai. Sebelum terbang ke Jerman, ia  dikunjungi oleh keluarganya asal Wuhan. Pada 23 Januari lalu, wanita itu kembali ke Cina dan langsung memeriksakan diri setelah merasa curiga dengan kondisinya yang tidak sehat. Setelah mengikuti serangkaian tes, ia dinyatakan terinfeksi virus Corona.

Baca Juga  Mahasiswa IPB yang Ngekos di Sempur Positif Corona

Tiga warga Jerman  lain yang terinfeksi virus Corona ini juga berasal dari perusahaan yang sama. Keempatnya saat ini dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Schwabing, Muenchen.

Dinas Kesehatan negara Bagian Bayern menanggapi serius kasus ini dan membuka layanan telepon hotline bagi warga yang khawatir terinfeksi virus Corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published.