Kwarcab Pramuka Salurkan Bantuan sampai Dua Truk

by -
KOMPAK: Para pengurus dan anggota Kwarcab Pramuka Kota Bogor menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam ke Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Sejak terjadi peristiwa bencana alam di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor bergerak mengumpulkan dan menyalurkan bantuan. Ada dua truk bantuan berupa sembako, popok bayi, alat sekolah, pembalut, obat-obatan, alas tidur, selimut, handuk, sabun, odol, sikat gigi. .

Menurut salah satu anggota rombongan Kwarcab Kota Bogor, Siti Meisyafae, bantuan yang disalurkan Kwarcab Pramuka Kota Bogor berasal dari para Gugus Depan (Gudep) dan enam Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kota Bogor. Bantuan tersebut langsung didistribusikan ke Kwaran Jasinga Kabupaten Bogor sebagai sesama anggota pramuka.

“Kami juga pernah menyalurkan langsung bantuan tersebut kepada korban bencana alam dengan berjalan kaki sejauh satu kilometer karena pada saat itu semua akses jalan tertutup,” katanya.

Selain bantuan berupa materi, pihaknya juga memberikan bantuan trauma healing atau pemulihan trauma kepada 200 anak – anak di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Harapannya agar mereka tidak merasa takut dengan kejadian tersebut dan mengajak mereka untuk bisa bangkit lagi. Trauma healing pada anak biasanya dilakukan dengan beberapa metode yang salah satunya dengan metode play therapy. Lewat metode ini anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya melalui media permainan.

“Dengan mengajak mereka bermain minimal bisa membantu mengalihkan fokus anak dari situasi bencana menjadi menerima situasi yang sedang dihadapi saat ini,” kata Siti.

Ia menambahkan metode ini cukup berhasil mengajak anak – anak untuk bersenang – senang dengan melupakan rasa traumanya. (do/ar/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *