Massa Priok Bersatu Geruduk Kantor Yasonna, Ratusan Aparat Siaga

by -

METROPOLITAN – Massa yang mengatasnamakan warga Tanjung Priok akan menggelar aksi di depan Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 22 Januari 2020. Ratusan personel kepolisian disiagakan ke lokasi.

“Kurang lebih 200 anggota (mengawal aksi) di Kemenkumham,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Rabu 22 Januari 2020.

Dia menjelaskan aparat kepolisian akan mengawal jalannya aksi ini sejak awal hingga bubar. Terkait pengalihan arus di sekitar lokasi, polisi menyebut bersifat situasional.

Pengalihan arus akan mengikuti kondisi di lapangan nanti. Polisi pun mengimbau agar aksi bisa dilakukan dengan damai dan tertib. “Kami berharap aksi bisa dilakukan dengan tertib,” katanya.

Sebelumnya, massa yang menamakan diri Priok Bersatu menyatakan siap menggelar demonstrasi. Aksi ini karena buntut pernyataan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly yang menyebut kalau Tanjung Priok adalah kawasan miskin, kumuh, dan kriminal.

Mereka menuntut agar Yasonna menyampaikan permintaan maaf atas ucapannya soal kawasan Tanjung Priok.

Terkait aksi itu, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya membenarkan akan adanya aksi tersebut. Aksi ini sudah diberitahukan ke Polda Metro Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *