Pemdes Citeureup dan LSM Percik Bantu Warga Sakit

by -
JENGUK: Kades Citeureup dan LSM Percik Raharja menjenguk dan memberi bantuan kepada warga Kampung Cigeger RT 02/05.

METROPOLITAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Citeureup dan anggota LSM Percik menjenguk dan memberi bantuan kepada warganya yang tertimpa musibah. Dialah Sutisna.

Warga kampung Cigeger RT 02/05, Desa Citeureup yang menderita sakit pengumpalan darah di kepala dan menyebabkan kebutaan pada matanya.

Sudah tiga bulan Sutisna hanya pasrah terbaring di rumah. Pria berusia 63 tahun yang bekerja serabutan ini tidak dapat menghidupi istri dan anak ketiga yang masih bersekolah.

Ia pun tinggal di rumah kontrakan. Untuk berobat Sutisna mengandalkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ia miliki.

Hanya saja ada beberapa jenis obat yang tidak dikaver dan harus membelinya yang harganya lumayan mahal.

“Sudah tiga kali berobat pake kartu KIS. Cumn ada obat yang harus beli dan harganya mahal,” ujarnya.

Untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan membayar kontrakan, dua anaknya yang sudah berumah tangga membantu.

Kepala Desa Citeureup, Gugun Wiguna yang datang menjenguk ke rumah Sutisna mengaku mendapat informasi dari LSM PERCIK Raharja.

“Awal sakit nggak ada info. Yang sakit juga tidak memberitahukan baik ke kader, IPMS, RT/RW ataupun pemdes. Kami tahunya setelah beliau dirawat dan membutuhkan biaya tambahan untuk yang menunggu di ruma sakit,” ujarnya.

Ia menambahkan, kedatangannya untuk memberi semangat dan doa untuk kesembuhan Sutisna. Sebagai kepala desa sudah selayaknya menjenguk dan membantu untuk meringankan biaya pembelian obat yang tidak dikaver BPJS.

“Pemdes siap membantu pelayanan kesehatan semaksimal mungkin baik itu dari sisi BPJS dan pemberian pengantaran atau transportasi menggunakan mobil siaga. Bahkan memberi kerohiman untuk meringankan biaya pembelian obat,” katanya.

Ia juga berterima kasih kepada LSM Percik yang peduli membantu kepada Sutisna dan warga lainnya.

“Semoga ke depan dapat menjalin sinergitas untuk permasalahan-permasalahan yang ada di Desa Citeureup,” katanya.

Sementara itu,  Sekjen LSM Percik, Raharja Yuli, mengaku hanya menjalankan fungsi sosial kontrol pemerintahan dan swasta. (din/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *