RS Hasan Sadikin Bandung Isolasi WN China Suspect Virus Corona

by -

METROPOLITAN – Rumah Sakit Hasan Sadikin Kota Bandung mengisolasi Warga Negara Asing (WNA) asal Cina dan warga asal Dago Bandung yang diduga terjangkit virus corona. Pasien asal China merupakan laki-laki dewasa.

Pasien tersebut membawa surat rujukan dari RS Kawaluyaan dan tertulis dalam rujukannya adalah varingitis akut atau infeksi saluran pernapasan akut.

“Pasien keduanya laki-laki, yang satu warga negara China ini berumur 35 tahun. Yang kedua laki-laki berumur 25 tahun orang Indonesia. Yang pertama sedang bekerja di Jawa Barat ada satu perusahaan,” Ketua Tim Infeksi Khusus RS Hasan Sadikin, dr. Yovita Hartantri, SpPD-KPTI di Bandung, Senin 27 Januari 2020.

Pasien asal Cina ini, menurutnya, terindikasi terkena serangan virus ketika yang bersangkutan bersama teman-temannya pulang dari Sicuan, China dalam rangka liburan.

“Terakhir dia pulang liburan, dari lima temannya hanya dia setelah pulang dari Sincuan, muncul demam di kepala dan (sakit) menelan,” katanya.

Baca Juga  Crossover Lexus UX Rp800 Jutaan

Sedangkan, untuk pasien asal Dago, tercatat memiliki catatan medis penyakit epilepsi dan menjalani pegobatan ke Singapura.

“Dia kembali dari Singapura. Jadi pasien ini penderita epilepsi memang sering kejang dan berobat ke Singapura. Lalu kembali dari sana ada demam dan batuk lalu di tanggal 25 Januari dia tidak sadar,” katanya.

Setelah tak sadar, yang bersangkutan menjalani perawatan di Rumah Sakit Santo Boromeus, Bandung. Namun, terus menunjukan gejala-gejala infeksi dalam waktu singkat. Bahkan, pasien mesti menggunakan alat bantu pernafasan.

“Dalam satu hari perawatan mengalami perburukan. Jadi, sesak nafas, harus menggunakan alat bantu pernapasan karena ada gejala tadi ya batuk demam dan sesak nafas dan perburukan dalam waktu yang singkat sehingga pasien ini masuk dalam observasi kami. Jadi, dia kena infeksi saluran pernapasan bawah,” jelasnya.

Baca Juga  Tim Barzah Siap Antar Jenazah Korban Corona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *