Tiga Bulan Dirawat, Berhasil Lahiran Normal

by -
PERSALINAN: Yanti, pasien ODGJ pasca-melahirkan di bidan cantik Neneng Yuli.

METROPOLITAN – Masih ingat Yanti? Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sempat viral saat dirawat bidan cantik Neneng Yuli Susilawati. Rupanya, Yanti yang saat ditangani sang bidan dan Tim PKM Surade itu tengah berbadan dua, kini sudah melahirkan bayi cantik.

Sejak Yanti ditemukan di emperan ruko terminal baru Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi pada November 2019 lalu, ia dirawat di Panti Sosial Aura Welas Asih (PSAWA) Palabuhanratu. Setelah menjalani perawatan sekitar tiga bulan di PSAWA Palabuhanratu, Yanti melahirkan bayi perempuan di rumah sakit Palabuhanratu, Kamis (16/1/2020).

“ODGJ yang kemarin hamil dan sepat viral itu, Yanti, tadi pagi melahirkan di rumah sakit Palabuhanratu. Proses lahirannya normal dengan pendampingan lima orang bidan Puskesmas Palabuhanratu dan petugas rumah sakit, serta empat petugas PSAWA,” kata pengelola PSAWA Palabuhanratu, Deni Solang.

“Bayinya perempuan, beratnya 2,9 kilogram dan tingginya sekitar 48 sentimeter. Kondisinya alhamdulillah sehat. Setelah ini, untuk sementara bayinya akan dirawat di panti. Tapi nanti setelah keluarga Yanti ini ditemukan, kemungkinan bayi akan diadopsi pihak keluarga,” tandas Deni.

Diberitakan sebelumnya, Yanti dibawa ke PSAWA Palabuhanratu dari Surade dalam keadaan hamil enam bulan. Hal itu berdasarkan surat pengantar dari bidan Neneng yang merawatnya saat terlantar di Surade. Sehari setelah berada di PSAWA Palabuhanratu, Yanti langsung dibawa berobat ke Puskesmas Palabuhanratu untuk memastikan kondisi kesehatan kandungannya.

Belum diketahui dari mana asal-usul Yanti. Namun hingga kini PSAWA Palabuhanratu masih berupaya mencari informasi sambil mengobati Yanti agar ia kembali mengingat dari mana ia berasal. (skb/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *