Tiga Lubang Emas di Bogor Disegel

by -

METROPOLITAN.id – Kepolisian dan TNI menutup tiga dari empat lubang tambang emas ilegal di Kawasan Perhutanan Pasir Jawa, Kampung Cimanganten, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Rabu (15/1).

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, penyegelan dan penutupan tambang emas ilegal ini merupakan hasil pengembangan. Berawal dari kasus penangkapan dua gurandil berinisial MAR (24) dan ATA (33) di kawasan Gunung Puntang, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, belum lama ini.

Ada sekitar 50 personel gabungan yang dikerahkan untuk menutup lubang emas tersebut. Rata-rata, lubang emas ilegal memiliki diameter sekitar 1,5 meter dengan kedalaman beragam. Mulai dari 50 meter hingga ratusan meter ke dalam perut bumi.

Pantauan di lokasi, tiga tambang emas ilegal yang disegel tim gabungan memiliki jarak yang tak jauh antar tiap lubang, berkisar 40 hingga 100 meter.

Meski sudah menutup tiga lubang, diyakini masih banyak tambang emas ilegal lainnya di kawasan perhutanan Pasir Jawa.

Kondisi ini lantaran lokasi tambang emas ilegal berada tak jauh dari pemukiman warga Kampung Cimanganten, Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung.

“Mungkin masih ada peti lain di daerah sini, karna jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan pemukiman warga,” kata Joni, Rabu (15/1). (ogi/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *