Anggarkan Rp287,9 M untuk Tiga Titik

by -
BANJIR: Banjir yang menggenangi ibu kota mem-buat pemerin-tah akhirnya menggelon-torkan ang-garan untuk norm

METROPOLITAN -Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta akan menaturalisasi bantaran sungai di tiga lokasi pada tahun ini. Anggaran senilai Rp 287,9 miliar dikucurkan dalam program antisipasi banjir itu Tiga titik itu, terletak di Kanal Banjir Barat (KBB) segmen Shangrilla-Karet dan segmen Sudirman-Manggarai serta Kali Ciliwung Lama, Jalan Krapu.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf, mengatakan naturalisasi ini bertujuan untuk melakukan penataan area sungai. Mengingat tiga titik bantaran sungai yang akan dinaturalisasi itu sudah lebar.

“Kan kalinya sudah lebar tuh, jadi ya ditata naturalisasi gitu, supaya kembali ke alam, penataannya,” ujar Juaini, Jumat (31/1).

Menurut Juani, naturalisasi tahun ini merupakan lanjutan naturalisasi yang dilakukan pada tahun sebelumnya. Namun, untuk naturalisasi sungai tahun ini, sedang proses lelang dan pengerjaan akan dilakukan setelah ada pemenang tender proyek itu.

Baca Juga  Sejak Lahir Diadopsi, Kini Bertemu lewat Medsos

“Sebelum akhir tahun kami usahakan sudah selesai,” ucap Juaini.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menyatakan naturalisasi tiga titik bantaran sungai pada tahun ini untuk meningkatkan ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Sekaligus memperindah area sungai.

“Tujuannya memperindah, menampung curahan hujan. Jadi, tidak langsung terbuang, ditampung di situ,” tuturnya.

RTH tersebut akan menampung air hujan, lanjut Juaini, karena di RTH tersebut akan dibangun sumur resapan dengan kapasitas besar di sepanjang kawasan RTH yang memiliki panjang pedestrian 800 meter itu dengan lebar empat meter dan dalam tiga meter.

Kami bikin tempat resapan juga, mobile tank namanya. Contohnya lihat di Kanal Banjir Barat yang lagi dikerjakan di depan Shangrilla, itu kan ada jalur pedesterian, di bawahnya tempat penampungan itu, sumur resapan yang paling gede,” pungkas Juaini. (JP/FEB)

Baca Juga  Siapkan 70 Petugas Pemakaman, Bekerja sampai Jam 9 Malam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *