Awas! Terlalu Kontrol Kehidupan Anak Bisa Berdampak Negatif

by -

METROPOLITAN – Demi menjaga buah hati, orang tua pasti akan melakukan apa pun. Di antaranya seperti menga-tur kegiatannya dari pagi hingga mata terpejam. Itu dilakukan agar anak ber-kembang dengan baik.Namun terkadang orang tua lupa, kalau anak butuh di-dengarkan pendapat dan keinginannya.

Misalnya, anak ingin makan makanan ter-tentu, melakukan ekstrakuri-kuler atau les yang disukainya, termasuk mengenakan pa-kaian tertentu.Sementara orang tua cen-derung selalu mengontrolnya agar anak memiliki masa de-pan yang baik.

Kontrol yang dilakukan orang tua biasanya karena tak ingin anak mela-kukan kesalahan, kekalahan atau kekecewaan yang bisa berdampak buruk pada ke-hidupan dan masa depannya.

Faktanya, itu justru bisa jadi bumerang. Ada beberapa efek negatif yang muncul jika orang tua memiliki kecen-derungan sangat mengontrol anak-anaknya. Berikut rang-kumannya:

Anak Merasa Kelelahan Fisik dan PsikologisOrang tua yang memiliki kontrol tinggi terhadap anak-anaknya kerap menjadwalkan kegiatan yang sangat padat. Bukan hanya sekolah, anak juga ikut aktivitas lain yang dirasa bisa jadi ’modal’ me-reka.

Seperti les bahasa ing-gris, robotik, berenang atau kegiatan lain. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Child and Family Studies menemukan bahwa mendaftarkan anak-anak da-lam kegiatan ekstrakurikuler yang tidak mereka sukai, tidak membuat anak lebih bahagia, lebih sehat atau lebih sukses.

Anak justru merasa kelelahan baik fisik maupun psikis.Anak tak Belajar Konseku-ensi Kegagalan membuat seorang anak belajar banyak hal. Jika orang tua selalu mengontrol agar anak tak melakukan kesa-lahan, lalu bagaimana anak belajar konsekuensi? Sese-kali biarkan anak memutuskan sesuatu meski hal itu bisa merugikannya.

Biarkan anak-anak Anda menghadapi kon-sekuensi alami. Itu berarti orang tua harus mentolerir anak saat melakukan kesala-han. Kuatkan diri untuk itu.(dre/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *