Balap Mobil Listrik Dilarang Lintasi Monas

by -
TERKENDALA: Penyelenggaraan balapan mobil lis-trik Formula E ter-kendala izin melin-tas di sekitaran Monas. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mendatangkan tim FIA untuk mencari lokasi baru.

METROPOLITAN Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menolak kawasan Monas, Jakarta Pusat, untuk dijadikan sebagai bagian dari sirkuit Formula E Jakarta. Menurut Sekretaris Mensesneg, Setya Utama, ada berbagai pertimbangan salah satunya soal cagar budaya.

Kini PT Jakarta Propertindo (JakPro) mulai menggelar rapat internal guna menyusun rencana baru Formula E 2020 di Jakarta, secara khusus terkait dengan sirkuit alternatif.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan tim dari Federasi Otomotif Internasional (FIA) Formula E akan melakukan survei bersama pihak Pemprov DKI guna mencari lintasan alternatif tanpa melewati Monas.

Dia menyebut keputusan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka telah disampaikannya kepada pihak pengelola.

“Pengelola Formula E dan organisasi balap internasional yang kemudian sore ini tim mereka sudah dalam perjalanan ke Jakarta untuk menentukan lokasi baru,” kata Anies.

Baca Juga  PLN Beri Diskon Khusus Pemilik Mobil Listrik

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut pihak FIA Formula E tidak mempermasalahkan mengenai pergantian rute sirkuit. Kendati begitu, Anies meyakini pembangunan lintasan balap mobil listrik tetap selesai sebelum pelaksanaan di mulai pada 6 Juni 2020.

“Tadi malam juga ini kok, tim di sana rileks, oh ya nggak apa-apa, ini biasa,” ucapnya.

Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan penolakan Monas dilintasi pembalap Formula E. Salah satu alasannya soal cagar budaya.

“Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan,” kata Setya. (dtk/els)

Baca Juga  Indonesia Siap Miliki Mobil Listrik Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *