Cari Tahu Hewan Langka di Museum Zoologi

by -

METROPOLITAN – Jika bosan berwisata alam Bogor, datang ke Museum Zoologi bisa jadi pilihan. Beralamat di Jalan Djuanda, Kota Bogor, museum ini menarik untuk dikunjungi. Selain murah, Anda bisa memberikan edukasi kepada anak-anak tentang fauna yang ada di Indonesia. Ada hewan-hewan langka yang menarik, ada pula beberapa hewan umum yang diawetkan seperti burung, kepiting, serangga dan ikan.

Museum ini didirikan pada 1984. Penggagas dari kawasan ini adalah ahli botani yang berasal dari Jerman, JC Koningsbeger. Beliau adalah. Dia juga merupakan tokoh perintis pengembangan Kebun Raya Bogor. J.C. Koningsberger juga mengumpulkan berbagai macam jenis hewan dari Indonesia dan beberapa dari berbagai belahan dunia. Tahun lalu, Museum Zoologi Bogor genap berusia 125 tahun. Museum ini menyimpan lebih dari 2,8 juta spesimen ilmiah.

Baca Juga  Long Weekend, Liburan Dekat Rumah Yuk!

“MZB idealnya dapat menjadi state of the art pengetahuan fauna Indonesia,” ungkap Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cahyo Rahmadi.

Dirinya mengharapkan, ke depannya tidak sekadar memamerkan spesimen fauna, tapi juga jadi wahana antara peneliti, hasil penelitian, dan masyarakat untuk memunculkan inspirasi dan kreativitas.

“Museum dapat menjadi medium penyadaran masyarakat bahwa kekayaan fauna Indonesia dapat menjadi sumber baru pengembangan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Memiliki luas bangunan kurang dari 1.000 meter, di sini terdapat tujuh ruang pamer. Berada di sini, Anda juga akan melihat hewan paus biru. Mamalia terbesar di dunia ini menjadi ikon di Museum Zoologi.

Baca Juga  Martabak Kiki Kesukaan Jokowi

Paus biru ini ditemukan di daerah Pameungpeuk, Garut pada 1961. Paus ini terdampar dan mati. Tubuhnya kemudian dibawa ke Bogor untuk diawetkan.

Selain itu ada juga badak yang memiliki berat 2 ton. Ini merupakan badak terakhir yang ada di Tasikmalaya. Badak ii mati karena dibunuh oleh pemburu gelap.

Masih ada banyak koleksi lainnya di museum ini yang tentunya akan membuat Anda penasaran. Anda bisa langsung datang ke museum untuk belajar tentang zoologi dengan membayar tiket Rp14.000. Museum ini buka setiap hari. (inw/tru/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published.