Gema Gakari Ingin Pemerintah Perbanyak Pemberdayaan Pemuda

by -

METROPOLITAN – TAJURHALANG Guna meningkatkan peran serta pemuda di berbagai kehidupan masyarakat, beberapa unsur tokoh pemuda berharap agar pemerintah bisa lebih memberikan ruang guna mengakomodir peran pemuda.

Seperti diungkapkan Ketua Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda (OKP) Gema Gakari Bogor Raya, Abdul Jalil Zein, Saat ini peran pemuda memang sudah diberikan dan bisa dilihat.

Tapi perlu akses yang lebih luas agar pemuda bisa mandiri baik dalam berorganisasi dan bermasyarakat

Ia menjelaskan, akses lebih luas yang dimaksudkan adalah penguatan komunikasi serta kolaborasi dengan jajaran birokrasi di semua tingkatan.

Menurutnya, saat ini masih banyak pejabat dan birokrat yang hanya lips service tentang upaya pemberdayaan pemuda.

Baca Juga  Kapolsek Kemang Kumpulkan Ormas dan OKP

“Masih banyak keluhan dari kalangan generasi muda tentang minimnya ruang yang tersedia bagi hadirnya peran serta pemuda dalam kontribusi pembangunan sekaligus pemberdayaan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, Fikri Ikhsani mendukung adanya peningkatan peran serta pemuda dalam kegiatan pembangunan di semua level pemerintahan.

Menurutnya, untuk menciptakan hal tersebut para pemuda baik yang tergabung dalam KNPI maupun sejumlah OKP, harus mampu membangun sinergi dan kolaborasi dengan semua elemen birokrasi.

“Jadi memang harus ada komunikasi yang intensif, harus ada kemauan bersama membangun sinergi dan kolaborasi dengan unsur pemerintah baik kabupaten, kecamatan hingga desa,” ujarnya.

Fikri menambahkan, adanya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah dengan semua unsur pemuda, akan menjadi jembatan bagi peningkatan peran serta pemuda sekaligus menjadi sarana untuk peningkatan kemandirian pemuda.

Baca Juga  Warga: BPTJ Galau?

“Langkah selanjutnya baru diterapkan sistem transparansi dan akuntabilitas sesuai tagline yang diusung DPD KNPI Kabupaten Bogor,” pungkas camat Tajurhalang ini. (khr/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published.