Ini 3 Manfaat Menangis bagi Tubuh

by -

METROPOLITAN – Semua orang tentu pernah menangis. Ini bisa terjadi karena respons fisik akibat refleks ataupun gejolak emosi yang dirasakan seseorang. Namun jangan salah, menangis ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Seperti yang dirangkum Metropolitan dari brightside. Berikut manfaat kesehatan dari menangis:

1. Mengatasi stresSebuah studi 2014 menemukan bahwa menangis bisa membantu seseorang lebih rileks selama stres. Menangis memang tidak memberikan efek secara langsung. Namun, beberapa menit kemudian Anda akan merasa tubuh lebih rileks.

2. Mengontrol tekanan darahTekanan darah tinggi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung, demensia dan gagal ginjal. Namun menurut beberapa penelitian, menangis bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrolnya.

3. Akumulasi racunAir mata yang mengalir bisa membersihkan puing-puing seperti asap dan debu di mata. Ketika menangis, air mata akan membuang racun yang menumpuk di dalam tubuh karena stres. Penghapusan racun ini membantu mengurangi kadar kortisol dalam tubuh. Oleh karenanya, menangis bisa menghasilkan suasana hati yang lebih ringan.(ayo/rez/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *