IPB Buka Prodi Statistika dan Sains Data

by -

METROPOLITAN – Institut Pertanian Bogor (IPB) University akan membuka program studi (prodi) Statistika dan Sains Data tahun ini. Pembukaan prodi tersebut merespons kebutuhan industri dan masyarakat.

”Pembukaan program studi ini sangat penting sebagai bentuk antisipasi IPB University terhadap perkembangan ilmu saat ini dan ke depan,” terang Rektor IPB University, Profesor Arif Satria. Menurut Arif, dunia industri, bisnis dan riset di berbagai bidang sekarang sangat membutuhkan dukungan Big Data dan Sains Data.

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, Sri Nurdiati, mengatakan, persiapan mengembangkan program studi Statistika dan Sains Data sudah dilakukan sejak lebih dari satu tahun terakhir dan saat ini telah disetujui Senat Akademik.

IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data untuk program Sarjana, Magister dan Doktor. IPB University akan mulai menerima mahasiswa baru di program studi Statistika dan Sains Data semua strata mulai 2020. Sorotan dunia data besar (Big Data) dan Sains Data (Data Science) telah menjadi perhatian ahli statistika dunia akhir-akhir ini.

Dunia industri, bisnis dan ilmu pengetahuan sangat memerlukan ilmu ini untuk melakukan analisis data maupun prediksi untuk perkembangan bisnis, industri maupun bidang lain di masa depan. Oleh karena itu, tak mengherankan bila berbagai perguruan tinggi di dunia seperti Stanford, University of Houston, Yale, Monash dan Eidenburgh misalnya telah memiliki program studi Statistika dan Data Science. (kps/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *