LSM Bawa Kasus Rutilahu Sukamanah ke Kejari

by -

METROPOLITAN – JONGGOL  Dugaan penggelapan dana bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Desa Sukamanah, Kecamatan Jonggol memasuki babak baru. Lembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM-Penjara) mengaku akan membawa kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Cibinong.

“Kita sedang lengkapi berkasnya dan akan kita laporkan ke kejari,” kata Ketua LSM Penjara, Romi Sikumbang kepada Metropolitan, kemarin.

Menurut dia, pihaknya mendapatkan aduan dari masyarakat dan sudah melakukan investigasi ke lapangan terkait penyaluran dana bantuan rutilahu tersebut. Hasilnya menemukan berbagai dugaan pelanggaran lantaran banyak warga yang tidak mendapatkan bantuan tersebut, padahal terdaftar sebagai penerima bantuan.

“Indikasi penyelewengan dana tersebut sangat jelas. Karena warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan tapi di lapangan nyatanya tidak pernah mendapat bantuan tersebut,” singkatnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Desa Sukamanah, Dede mengatakan, jika proses penyaluran rutilahu di Desa Sukamanah seharusnya sebanyak 178 penerima. Namun yang teralisasinya hanya 148 penerima.

“Jadi ada 30 penerima yang sudah terdaftar namun pada realisasinya tidak menerima bantuan tersebut,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sukamanah, Hadi Sutardi mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

“Belum, belum ada informasi apa-apa ke saya,” singkatnya. (hin/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *