Mentan: Mahasiswa Harus Jadi Bibit Petani Milenial

by -
DISKUSI: Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menghadiri diskusi publik di IPB.

METROPOLITAN – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), meminta perguruan tinggi bersinergi membangun pertanian. Salah satunya pengetahuan dari mahasiswa pertanian yang bisa berguna hingga level desa.

SELAIN itu, mahasiswa juga harus diajak menjadi bibit petani milenial dengan membangun pertanian menggunakan teknologi yang semakin hari semakin canggih, sehingga ilmu yang didapatkan dari kampus bisa dipraktikkan di lapangan.

”Dengan resolusi yang dekat dari satelit yang kita miliki, kita bisa lihat sebenarnya daerah mana yang akan panen berapa bulan lagi, seperti apa kemampuan zat hara yang ada di daerah dan ini semua harus dipelajari IPB. IPB harus ada di setiap desa. Kampus pertanian harus ada di setiap daerah, minimal ilmunya bisa berguna di desa,” beber Syahrul dalam acara ’Diskusi Publik Dalam Penguasaan dan Pengembangan Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional’ di auditorium Andi Hakim Nasoetion IPB, Selasa (25/2).

Baca Juga  Tahun Pagebluk Pandemi Covid-19, Sertifikasi Ekspor Pertanian Naik 77 Persen

Mantan gubernur Sulawesi Selatan ini menjelaskan, penguasaan dan pengembangan inovasi teknologi pertanian sangat penting untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani.

Sebab, bicara pertanian adalah langsung menyangkut aspek dasar menghidupkan masyarakat yang maju dan rumah tangga yang sejahtera.

“Bicara pertanian juga menemukan solusi harapan dan kebutuhan pangan. Tak hanya tugas pemerintah, tapi juga semua pihak,” pungkasnya. (ind/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *