Minimalisasi Korban, Program Desa Tanggap Bencana Harus Berjalan

by -

METROPOLITAN.id – Tingginya angka bencana yang terjadi di Kabupaten Bogor sejak awal 2020 menjadi perhatian serius Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Menurutnya, untuk mengurangi angka korban yang berjatuhan akibat bencana, program Desa Tanggap Bencana (Destana) harus dijalankan secara seksama.

Iwan mengungkapkan, dari 416 desa se Kabupaten Bogor, baru ada 40 Destana.

“Kami tahun ini akan mendorong anggaran untuk BPBD agar diperbesar sehingga realisasi Destana ini berjalan,” kata Iwan saat ditemui di lokasi longsor, di Kampung Cibolang RT 01/01 Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (20/2).

Menurutnya, fungsi dan tugas dari Destana adalah untuk memberikan edukasi mitigasi bencana kepada warga. Destana juga berperan enjadi garda terdepan dalam menyampaikan peringatan dini bencana kepada masyarakat.

“Jadi nanti masyarakat akan kami latih menjadi petugas yang siap menghadapi bencana. Mendeteksi dini, mengedukasi dan memberikan peringatan dini,” jelasnya.

Untuk itu, tim ahli yang tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mereka harus melibatkan masyarakat untuk menumbuhkan budata sadar bencana. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *