Omset Besar Penambang Emas Liar Bikin Warga Tergiur

by -

METROPOLITAN.id – Tingginya upah penambang emas ilegal (gurandil) rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Tak heran jika ada saja masyarakat yang kepincut profesi ilegal tersebut, terlebih mereka yang tinggal tak jauh dari lokasi penambangan.

Informasi yang dihimpun, ada dua jenis tugas gurandil. Pertama gurandil penggali dan kedua gurandil kuli pikul. Mereka disebut bisa mengantongi jutaan rupiah dalam satu hari.

Biasanya, gurandil juru gali mendapatkan bayaran kisaran Rp300 ribu hingga Rp Rp500 ribu per hari. Hal itu juga berlaku untuk gurandil juru pikul.

“Tergantung jarak, semakin jauh semakin mahal. Semakin tinggi resikonya juga semakin mahal,” kata Kapolres Bogor AKBP M Joni saat rilis di Mako Polres Bogor, Kamis (06/02).

Baca Juga  Sudah 37 Hari, Identitas Mayat Dalam Koper Masih Misteri

Dari hasil pengungkapan tim gabungan Sat Reskrim Polres Bogor, Kodim 0621/Kabupaten Bogor serta Sub Denpom Bogor di Desa Banyu Asih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Sabtu (01/02), biasanya setiap gurandil bekerja di bawah naungan pemilik lubang.

Kasiops Kodim 0621/Kabupaten Bogor Kapten Infantri Nandang Kartika menjelaskan, untuk lokasi tambang gurandil di Banyu Asih, biasanya dalam satu hari mereka bisa mengantongi ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Jadi selain jarak, upah gurandil juga dilihat dari potensi bahan dalam karung yang dibawanya. Kalau bahan dalam karungnya bagus, mungkin hasilnya juga bagus bisa sampai jutaan,” tandasnya. (ogi/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *