Ratusan Siswa SMP Negeri 3 Sukamakmur Sambut Kepsek Baru

by -

METROPOLITAN.ID– Mengabdi di sekolah yang terletak di desa jauh dari keramaian meninggalkan kesan tersendiri bagi yang pernah menjabat sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sukamakmur. Begitu juga bagi  kepala sekolah yang baru menjabat maka banyak tantangan akan menanti. 

Seratusan siswa berjajar sepanjang jalan kampung. Sekolah yang berada di Kampung Catang Malang, Desa Sukawangi, Puncak Dua, Kabupaten Bogor ini bersiap menyambut kepala sekolah baru. Alunan rebana menyambut mengiringi saat Kepala Sekolah Baru, Asep Suherman saat tiba di gerbang sekolah. 

Penyambutan ini merupakan tradisi sekaligus bentuk penghormatan sekolah dan masyarakat saat kedatangan sosok yang diharapkan mampu mengubah pendidikan di desa. 

“Akhirnya SMP 3 Sukamakmur memiliki kepala sekolah. Dengan kedatanganya Pak Asep yang sudah ditunggu Warga Sukawangi,” ujar Plt Kepala SMP Negeri 3 Sukamakmur Ermaini yang dilepas menjadi Kepala SMP Negeri 1 Leuwisadeng saat sambutan, Selasa (04/02/20).

Menurut Erma, SMP Negeri 3 Sumakmur membutuhkan kepala sekolah yang kuat dan berkompetensi tinggi. Dengan dilantiknya kepala sekolah baru ini, kata dia, menjadi harapan bagi seluruh siswa dan warga Sukawangi

Baca Juga  Tekuk Spezia 3-0, AC Milan Tak Terkalahkan di Tiga Laga Perdana Musim Baru Liga Italia

“Sekolah ini membutuhkan orang seperti beliau yang mempunyai kompentensi yang bisa diandalkan, ke depannya harapan kita semua jauh lebih baik dari yang sekarang,” imbuh Erma.

Erma berpesan, setiap sekolah pastinya memiliki tantangan tersendiri. Dari sekolah ini, ia belajar bagaimana mengatasi keterbatasan yang ada. Bertugas sejak bulan Juli 2019, Erma mengaku senang pernah menjadi bagian sekolah ini.

“Walau pun jarak yang mungkin jauh, perjalanan tiga jam dari rumah, berangkat sebelum subuh. Tetapi di mana pun ditugaskan, mulailah segala sesuatu dengan bismillah. Terima kasih kepada guru semua SMP 3 Sukamakmur yang banyak membantu saya di sini,” ungkap Erma.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Sukamakmur, Asep Suherman tiba diantarkan iring-iringan guru dari  sekolah lamanya SMP Negeri 1 Cariu. Selama 16 tahun ia mengajar di sana, Asep mengaku tak membayangkan diberi amanah untuk menjadi kepala sekolah.

Baca Juga  Perut Buncit Saat Memakai Baju Ketat, Halle Berry Kesal Digosipkan Hamil

“Saya tidak membayangkan saya 16 tahun di SMP 1 Cariu. Begitu banyak kenangan yang dilalui bersama guru dan murid. Kenangan tersebut tetap tersimpan dilubuk hati oaling dalam,” ungkap Asep.

Dihari pertamanya kerja ini, Asep mengajak warga dan guru memajukan pendidikan di SMP Negeri 3 Sukamakmur. Meski berada di perbatasan dengan Kabupaten Cianjur, kata dia, warga siswa dan guru harus bersama berlari mengejar ketertinggalan sekolah di perkotaan. 

“Mari kita bangun bersama, jangan kalah sama dengan sekolah di tengah, walau kita ada di pinggiran, mari kita bangun bersama-sama. Saya inginnya berlari mengejar yang sudah maju agar terus mengejar ketertinggalan. Dan ini perlu komitmen yang tinggi dari kita semua,” ujar Asep. 

Kondisi disampaikan, Ketua Komite SMP 3 Sukamakmur Acep Khoirul Bahri. Di mana di Desa Sukawangi, siswa sekolah berjumlah 244 siswa yang terdiri dari 127 siswa sekolah indik dan 117 siswa di sekolah kelas jauh.

Baca Juga  IGI Tolak Pendidikan Antikorupsi Jadi Mapel Baru

“SMP ini memiliki kelas jauh, kurang lebih 117 siswa, kelas jauh lebih jauh dari sini. Di mana saya bertugas, di sana kelas di bangunan SDN Sukawangi 02 yang sudah ada sejak 2009. Tahun 2010 SK sekolah negeri terbit dan 2011 bangunan dibangun di sini,” terang Acep.

Acep berpesan, jarak menjadi tantangan, di mana perjalananan menuju lokasi sekolah induk dan sekolah kelas jauh sangat jauh dengan medan jalan yang terjal. Bahkan, jarak yanh harus ditempu 30 kilometer lebih dari rumah. Meski begitu, kata dia, setiap proses hijrah perpindahan kerja yang dijalani ini akan mendatangkan tanggungjawab dan hikmah baru.

“Semakin banyak tantangan dan rintangan adalah tugas yang paling mengesankan dari pekerjaan kita,” katanya. (don/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *