Wow… Kualitas Emas Penambang Ilegal Sebanding dengan Emas Antam

by -

METROPOLITAN.ID- Meski diambil dan diolah dengan cara sederhana, mengandalkan peralatan seadanya. Emas yang dihasilkan para penambang liar (gurandil,red) diyakini memiliki kualitas yang sama, dengan emas hasil olahan Antam.

Selain miliki kualitas yang sama dengan emas hasil olahan Antam, emas hasil gurandil juga digadang lebih murah ketimbang hasil olahan Antam.

Kapolres Bogor AKBP M Joni mengatakan, meski harus menempuh proses yang jauh lebih panjang dan lebih lama, namun hasil emas yang dihasilkan sama dengan emas hasil olahan mesin industri modern. “Kualitas hampir sama, bedanya kalau ini ilegal,” katanya.

Biasanya, emas hasil gurandil dijual ke pengepul. Untuk lokasi pengolahan emas hasil gurandil yang ada di Desa Banyu Asih, Kecamatan Digudeg, biasanya emas-emas tersebut dijual ke sejumlah toko emas yang ada di Bogor.

Baca Juga  Antam Konsisten Jalankan Program Rehab RTLH di 11 Desa di Nanggung

“Jadi mereka ini sudah punya langganan toko emas untuk menjual hasilnya. Dan ini sedang kita dalami, apakah penadah tokok emas tahu atau tidak asal usul emas tersebut,” katanya.

Menurut Joni, toko emas yang menerima emas hasil gurandil, memungkinkan juga untuk dijerat hukum. Lantaran emas yang dibelinya dari pengepul merupakan emas ilegal. “Masih kita kembangkan, dan proses penyelidikan kembali,” tegas.

Kasiops Kodim 0621 Kapten Infantri Nandang Kartika membenarkan hal ini. Berdasarkan keterangan yang ia dapatkan, biasanya rata-rata emas yang dijual memang lebih murah dari harga pasaran. “Bedanya itu lumayan. Diatas Rp 50 ribu, dibawah Rp 100 ribu untuk setiap gramnya,” tandasnya. (ogi/b/suf

Leave a Reply

Your email address will not be published.