Yayasan Asal Kuwait Gelontorkan 300.000 Dolar AS untuk Bogor

by -

METROPOLITAN.id – Bupati Bogor Ade Yasin menandatangani nota kesepakatan bersama atau MOU antara Pemerintah Kabupaten Bogor dengan Yayasan Abdullah Al Awadi Indonesia di Pendopo Bupati Bogor, Jumat (21/2).

MoU dilakukan untuk mendorong suksesi program sosial dan keagaman di Kabupaten Bogor.

Pendiri Yayasan Abdullah Al Awadi Indonesia, Emad Abdellatif Hamdan mengatakan, kehadiran Yayasan Abdullah Al Awadi untuk meningkatkan kehidupan anak-anak dan keluarga yang membutuhkan bantuan.

Yayasan ini juga fokus meningkatkan toleransi antar umat beragama. Misinya, memberdayakan anak-anak yang membutuhkan pendidikan. Selain itu, membantu kewirausahaan bagi wanita dan orang tua untuk meningkatkan perekonomian dan kehidupan mereka.

“Perjanjian kesepakatan bersama Pemkab Bogor ini untuk membantu di bidang sosial. Salah satunya membantu korban bencana banjir dan longsor di Bogor barat agar mendapat hunian layak. Karena akibat bencana, sejumlah masyarakat kehilangan tempat tinggal,” ungkapnya.

Selain itu, yayasan juga fokus pada bantuan keagamaan. Seperti bantuan pembangunan sarana peribadatan, pondok pesantren, sarana pendidikan dan lainnya di Kabupaten Bogor.

Di tempat yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, Yayasan Abdullah Al Awadi merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial.

Yayasan ini didirikan oleh Abdullah Al Awadi dan istrinya Salimah. Keduanya telah meninggal dan kini diurus keluarganya. Para penyumbang yayasan berasal dari orang kaya kuwait. Karena keluarga Abdullah Al Awadi berasal dari kuwait.

“Yayasan ini datang ke bogor minta izin ke saya untuk MOU. Mereka ingin membaktikan diri untuk berkegiatan sosial di Kabupaten Bogor,” ujar Ade Yasin.

Menurut Ade Yasin, yayasan ini sempat menanyakan kebutuhan Kabupaten Bogor. Ia kemudian menjelaskan kondisi wilayah Bogor Barat yang baru saja terkena musibah banjir bandang dan longsor.

“Kami minta semampu mereka membantu pembangunan rumah, baik hunian sementara (Huntara) maupun hunian tetap (Huntap) untuk para korban bencana alam di Bogor Barat,” terangnya.

Artinya, kehadiran mereka di Kabupaten Bogor untuk beramal di bidang sosial. Mereka akan membantu para korban bencana dan memfasilitasi masyarakat Kabupaten Bogor yang membutuhkan bantuan dengan menggelontorkan dana sebesar 300 ribu Dolar Amerika.

“Alhamdulilah kami sudah laksanakan MOU. Sebagai bukti keseriusan, mereka meminta kami membuat satu contoh rumah layak huni. Sehingga mereka bisa membangun Huntara maupuan Huntap sesuai yang masyarakat Kabupaten Bogor butuhkan. Beberapa daerah lain seperti Bekasi dan Purwakarta juga sama prosesnya. Masjid, TPA, Pondok Pesantren dan sejumlah rumah layak huni permanen mulai dari tipe 36-40 sudah mereka bangun di sana,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Ade Yasin telah memberikan video kebencanaan sebagai bahan untuk dirapatkan di Amerika. Sebab, yayasan ini memang berkantor di Amerika.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa direalisasikan,” pungkas Ade Yasin. (fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *