Baru Ada Tiga RS di Kota Bogor yang Miliki Ruang Isolasi untuk Kasus Virus Corona

by -

METROPOLITAN.id – Temuan dua warga Depok yang positif virus corona membuat pemerintah daerah ikut siaga. Di Kota Bogor, Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nomo Retno mengaku masih mendata jumlah ruang isolasi yang bisa digunakan jika ada warga yang terjangkit virus corona.

Dari total 21 rumah sakit yang ada di Kota Bogor, Retno mengaku baru mendapat data ruang isolasi hanya ada di Rumah Sakit (RS) Siloam, Bogor Senior Hospital dan RSUD Kota Bogor.

“Kalau untuk kasus corona ini kami selalu kordinasi dengan RS rujukan yaitu RS Pencegahan Infeksi Suryanti Saroso. Jadi ketika ada pasien yang kita curigai mengidap virus corona, akan langsung kami larikan ke sana,” kata Sri, Senin (2/3).

Baca Juga  Pengamat: Istilah Darurat Sipil Tidak Tepat, Cenderung Horor

Saat dikonfirmasi, Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir menerangkan, ada delapan ruang isolasi di gedung baru RSUD Kota Bogor. Setiap lantai terdiri dari 2 ruang isolasi dengan fasilitas kesehatan yang sudah terstandar WHO beserta protap kesehatannya.

“Ruang isolasi kita siapkan, tapi berdasar protap, kita bukan rujukan corona yg ditunjuk. Jadi kalau suspect ada, kita jalankan sesuai protap,” terangnya.

Di samping itu, Sri mengaku saat ini sedang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provinsi Jawa Barat terkait informasi penyebaran virus corona.

“Kita tetap waspada dan siaga, tapi memang tidak boleh panik. Karena memang dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi, saya pikir memang harus tetap siaga,” tandas Sri.

Baca Juga  Tes Massal di Pasar Cibinong, 12 Orang Reaktif Corona

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia mengumumkan kasus pertama warganya yang positif virus corona.

Informasi yang dihimpun, ada dua orang warga asal Depok yakni ibu dan anak yang positif virus corona. Keduanya diketahui sempat kontak langsung dengan warga negara Jepang.

Dua orang tersebut sudah terdeteksi virus corona pada 1 Maret dan sedang dalam penanganan. (dil/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *