Kang Emil Minta Stadion Pakansari Jadi Lokasi Tes Massal Corona, Bupati Bogor Cemas

by -

METROPOLITAN.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana melakukan tes massal Covid-19 di beberapa titik se-Jawa Barat. Salah satu yang diusulkan yakni Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor untuk melakukan tes warga di tiga daerah, yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Kota Depok.

Alasannya, Stadion Pakansari dianggap representatif karena disebut cukup untuk menampung warga dalam jumlah banyak.

“Saya usulkan tiga tempat untuk tes massal. Ini cepat untuk mendeteksi peta penyebaran dan menekan itu. Saya serahkan usulan ini kepada kepala daerah, supaya saya bisa cepat memutuskan tes massal ini,” kata lelaki yang akrab disapa Kang Emil saat rapat koordinasi di rumah dinas wali Kota Bogor, melalui live akun Instagramnya, Minggu (22/3)

Baca Juga  Amy Schumer Batal Perankan Live Action Barbie, Kenapa?

Secara teknis, nantinya tidak semua orang yang akan melakukan tes. Tetapi hanya orang yang sudah melakukan wawancara atau rekomendasi Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sehingga, tidak dilakukan untuk semua orang seperti sensus.

Selain itu, teknisnya pun tidak akan mengumpulkan kerumunan dalam satu titik, tapi melalui jadwal kedatangan dan skema pemeriksaan berjarak.

“Pasti ini bakal diserbu semua orang. Saya tekankan ini bukan seperti sensus, ada jadwal kedatangan si A datang jam berapa. Makanya diawali rekomendasi atau hasil wawancara, jadi bukan mengumpulkan kerumunan, saya luruskan itu,” terangnya.

Kang Emil bersikukuh bahwa Rapid Test Covid-19 secara massal itu jadi salah satu jurus jitu melakukan pemetaan dan pencegahan virus Corona di Bumi Pasundan, karena bisa terdata dengan cepat

Baca Juga  Bupati Bogor: BJ Habibie Ajarkan Kami Arti Kesetian

Ia pun menyerahkan usulan ini kepada kepala daerah, paling lambat Minggu (22/3) malam. Apalagi, kata dia, langkah ini sudah dilakukan Korea Selatan dan Amerika Serikat dalam mendata dan menekan penyebaran Covid-19. Di mana dalam satu minggu, bisa sampai 200.000 orang dipastikan status kesehatannya.

“Makanya harus menggunakan fasilitas stadion atau yang maha luas. Ini jurus paling aman, saya beri waktu sampai nanti malam. Supaya saya bisa ambil keputusan segera,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Bogor Ade Yasin terlihat cemas terhadap rencana gubernur tersebut. Bagaimana tidak, jika nantinya Stadion Pakansari dijadikan pusat tes massal, tentu banyak orang akan datang, termasuk dari Kota Bogor dan Kota Depok.

Baca Juga  Sambangi Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Petinggi PAN Puji Mental Tegar Ridwan Kamil Usai Ditinggal Eril

Agaknya ia khawatir dengan berkumpulnya orang-orang tersebut malah menimbulkan penyebaran baru. Apalagi pihaknya tengah gencar memberi himbauan kepada warga Bogor agar tetap diam di rumah dan tidak mendatangi kerumunan.

“Kita sedang persempit ini. Taman-taman yang biasa didatangi orang Depok misalnya, kita tutup sementara demi pencegahan. Kita sedang batasi orang Depok masuk pusat pemerintahan juga, atau diperbatasan kita perkuat pengawasan karena ODP kita juga bertambah. Takutnya mengumpulkan orang malah saling menularkan,” jelas Ade Yasin (ryn/b/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.