Pansus Banjir bakal Kerja Selama Tiga Bulan

by -
SIAP KERJA: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani saat memaparkan tentang kerja pansus banjir. Editor : Diamanty Meiliana

METROPOLITAN – Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mengatakan, panitia khusus (pansus) banjir Jakarta akan dibentuk pekan depan.

Setiap fraksi diperkirakan akan mengirimkan nama-nama perwakilannya kepada pimpinan DPRD pada Senin (2/3/2020) besok.

“Mudah-mudahan Senin mereka (fraksi) bersurat (ke pimpinan DPRD), pokoknya minggu depan sudah terbentuk,” ujar Zita.

Zita memperkirakan pansus banjir akan bekerja selama tiga bulan. Hasil akhirnya, pansus akan memberikan rekomendasi teknis kepada Pemprov DKI Jakarta terkait pencegahan dan penanggulangan banjir.

“Finalnya kami akan kasih bentuknya rekomendasi. Rekomendasi itu apa-apa saja yang dilakukan (untuk mencegah banjir) dalam APBD perubahan,” kata Zita.

Rencana pembentukan pansus banjir dicetuskan oleh sejumlah anggota fraksi DPRD DKI saat Jakarta dilanda banjir pada Januari 2020. Tujuh fraksi tersebut, yakni Fraksi PDI-P, Fraksi PAN, Fraksi Demokrat, Fraksi PSI, Fraksi Nasdem, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKB-PPP.

DPRD DKI akhirnya sepakat membentuk pansus banjir. Ketua DPRD DKI Jakarta telah menulis surat edaran ke fraksi-fraksi di DPRD DKI agar setiap fraksi mendaftarkan anggotanya untuk menjadi anggota pansus.

Pansus banjir bertujuan untuk meninjau dan mengkaji masalah banjir di Jakarta. Pembentukan pansus sesuai rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD pada 24 Februari lalu. (kps/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *