Pengembangan SPBE Nasional dan Persiapan Sapawarga 2.0 di Jabar

by -

METROPOLITAN.ID-Rapat koordinasi bidang aplikasi informatika pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat dengan tema “Penerapan Perpres SPBE Pada Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi di Lingkungan Pemerintah Daerah” serta “Persiapan Pelatihan Sapawarga Versi 2.0 di Kabupaten/Kota Jawa Barat”. Rapat tersebut diadakan selama dua hari dari tanggal  4-6 Maret 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat di era internet of things ini, yang sejumlah besar penduduk di negara ini telah terkoneksi dengan internet, pemerintah mendapatkan tantangan untuk mereformasi birokrasi administrasi pemerintahan dan pelayanan publik dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

“Saat ini pemerintah telah menawarkan beragam pelayanan publik online yang juga didukung dengan administrasi pemerintahan secara online melalui Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik bahwa untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik yang baik.” Ujar Gilang selaku Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat yang pada saat itu mewakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Selain membahasa mengenai SPBE, kegiatan rapat koordinasi ini pun membahas sapawarga. “Sepanjang tahun 2019 lalu, Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Jawa Barat telah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat terkait pengembangan dan pengelolaan aplikasi umum dan aplikasi khusus yang terintegrasi di lingkungan pemerintah daerah. Serta adanya pelaksanaan pelatihanan dan pengelolaan aplikasi sapawarga versi 1.0 di lingkungan kabupaten/kota di Jawa Barat.” Tambah Gilang.

Pada rapat koordinasi ini, Dinas Komunikasi dan Informatika mengajak bidang aplikasi informatika kabupaten/kota bersama-sama memperdalam pemahaman mengenai peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan dalam pelaksanaan tupoksi dan kewenangan bidang aplikasi informatika sebagai upaya memperkuat peran bidang aplikasi informatika dalam mendukung penerapan SPBE nasional.

Pada rapat koordinasi ini Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat mengajak bidang aplikasi informatika kabupaten/kota bersama-sama menyukseskan aplikasi sapawarga versi 2.0 sebagai portal aplikasi layanan publik di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *